Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Buka Sosialisasi Pendidikan Bagi Perempuan, Wabup Blitar Harap Jangan Sampai Golput

Buka Sosialisasi Pendidikan Bagi Perempuan, Wabup Blitar Harap Jangan Sampai Golput

TerasJatim.com, Blitar – Pemilu 2019 tinggal dua bulan lagi. Berbagai upaya dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mensosialisasikan pentingnya menggunakan hak pilih. Bahkan di Kabupaten Blitar melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) menggelar sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula dan perempuan yang digelar selama dua hari, mulai 06 – 07 Februari 2019.

Sosialisasi pendidikan bagi pemilih perempuan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Blitar di gedung Local Education Center (LEC) Garum, Kamis (07/02). Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB ini bertema menyongsong Pemilu 2019 menuju perempuan cerdas dan berdemokrasi.

Ditemui usai membuka sosialisasi, Wakil Bupati Blitar, Marhaenis Urip Widodo mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang difasilitasi oleh Bakesbangpol tersebut. Menurutnya, kegiatan ini membantu program pemerintah. Karena dengan kondisi KPU saat ini, maka perlu campur tangan pemerintah mensukseskan Pemilu 2019.

“Tentunya tanpa kerjasama semua pihak, pemilu di Kabupaten Blitar tidak bisa maksimal. Keberadaan anggota KPU yang harus sosialisasi di kecamatan-kecamatan, di desa-desa, dan lain-lain juga terbatas. Makanya kita juga harus jemput bola agar pemilu 2019 bisa sukses,” ujarnya.

Marhaenis juga berpesan kepada seluruh peserta sosialisasi agar tidak golput dalam Pemilu 2019 nanti. Menurutnya golput merupakan sikap yang tidak baik, karena bangsa yang baik adalah bangsa yang mau menggunakan hak pilihnya. Sehingga harapannya mereka bisa mensosialisasikan kepada komunitasnya masing-masing.

“Ini kan pesertanya dari berbagai komunitas, ada fatayat dan muslimat yang bisa menyampaikan pentingnya menggunakan hak pilih melalui jamiah yasin maupun lain-lain. Ada juga mahasiswi, bisa menyampaikan ke teman-temannya saat melakukan suatu kegiatan,” pungkasnya.

Terakhir Marhaenis berharap, masyarakat Kabupaten Blitar bisa menjadi contoh bagi daerah lain bahwa mereka bisa melaksanakan Pemilu 2019, baik Pileg maupun Pilpres dengan sukses.

Sementara itu, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Blitar, Dicky Cobandono mengatakan, sosialisasi pendidikan politik bagi kaum perempuan ini diikuti sekitar 200 orang perwakilan dari berbagai unsur, seperti guru, mahasiswa, muslimat, Fatayat, Aisyiyah, dan lain-lain. Kegiatan ini bertujuan untuk mensukseskan Pemilu 2019.

“Jadi kami fasilitasi kelancaran pelaksanaan pemilu 2019 dan berusaha agar pemilu lancar dan sukses tidak ada kendala. Termasuk salah satunya meningkatkan partisipasi pemilih, dengan sasaran yang pertama pemilih pemula kaitannya dengan anak-anak yang mempunyai hak pilih yang baru, dengan harapan tidak golput. Kedua sasarannya pemilih perempuan, baik guru, mahasiswa, unsur muslimat, fatayat, maupun aisyiyah,” paparnya.

Dicky berharap, pada Pemilu 2019 nanti partisipasi pemilih perempuan bisa meningkat. Karena pada pemilu sebelumnya, pemilih perempuan dinilai masih minim dibanding pemilih laki-laki. (Adv/Mfh)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim