60 Jemaah Haji Indonesia Yang Sakit, Masih di Rawat di Arab Saudi

60 Jemaah Haji Indonesia Yang Sakit, Masih di Rawat di Arab Saudi

TerasJatim.com, Jakarta  – Operasional haji 1438H/2017M sudah selesai. Kloter terakhir jemaah haji Indonesia telah tiba di Indonesia pada 6 Oktober 2017 kemarin.

Namun, hingga kini terdapat 60 jemaah haji Indonesia yang masih tinggal dan dirawat di sejumlah rumah sakit di Arab Saudi.

“Jika sudah dinyatakan sembuh atau laik terbang, proses kepulangannya akan segera diproses dengan penerbangan regular,” terang Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ahda Barori, di Jakarta, Selasa (10/10).

Menurut Ahda, biaya pengobatan jemaah sakit tersebut sepenuhnya ditanggung oleh Pemerintah Arab Saudi. Sedang proses pemulangan jemaah dari Arab Saudi ke Indonesia, menjadi tanggung jawab maskapai penerbangan.

“Dari Arab Saudi, jemaah akan diterbangkan ke Jakarta, lalu diantar ke alamat masing-masing,” katanya.

Sementara, Kasie Penyiapan Transportasi Udara Edayanti Dasril menambahkan, jemaah yang sakit yang sudah dinyatakan laik terbang bisa pulang menggunakan tiga cara, yaitu menggunakan kursi roda, berbaring tanpa bantuan alat kesehatan, atau berbaring dengan bantuan alat kesehatan.

“Dari Arab Saudi ke Jakarta menggunakan 9 seat untuk jemaah dengan posisi berbaring dengan alat bantu kesehatan, dari Jakarta ke provinsi menggunakan 12 seat. Dan ini tanggung jawab maskapai penerbangan, jemaah tidak dipungut biaya apapun,” tegas Edayanti.

Edayanti menambahkan, proses pemulangan ini akan dikoordinasikan petugas Kantor Urusan Haji di Jeddah dengan Subdit Transportasi Udara dan Perlindungan Haji Direktorat Pelayanan Haji Dalam Negeri. (Her/Kta/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim