1 Suro, 5 Perguruan Silat di Baureno Bojonegoro Ikrar Damai Bersaudara

1 Suro, 5 Perguruan Silat di Baureno Bojonegoro Ikrar Damai Bersaudara

TerasJatim.com, Bojonegoro – Tepat pada 1 Suro, 5 perguruan pencak silat di wilayah Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Jatim, yang tergabung dalam paguyuban Bojonegoro Kampung Pesilat (BKP) menggelar deklarasi dan ikrar “Damai Bersaudara” di halaman Mapolsek setempat, Kamis (21/09) pagi.

Hadir dalam kegiatan itu Ketua BKP Baureno beserta jajaran pengurus, Ketua 5 perguruan pencak silat, yakni Tapak Suci, PSHWTM, PSHT, PN, dan IKS PI, beserta 10 pesilat dari masing-masing perguruan guna memperagakan jurus IPSI dan jurus Patuh Kepolisian.

Acara tersebut juga dihadiri pula oleh seluruh pejabat Forkopimka setempat.

“Hari ini kita deklarasi dan telah membaca ikrar bersama. Maka dengan BKP ini mari kita jaga kebersamaan dan kerukunan dalam keberagaman perguruan pencak silat yang ada,” ujar Kapolsek Baureno AKP Marjono, dalam sambutannya usai pembacaan ikrar.

Ia berpesan kepada semua perguruan silat supaya memupuk rasa solidaritas sebagai sesama anak bangsa. Selain itu, ia juga menekankan pentingnya komunikasi dan koordinasi antar pengurus perguruan agar tercipta situasi guyub dan rukun antar perguruan dan masyarakat lainnya.

“Mari terus menjaga dan memupuk kedewasaan dalam berinteraksi baik antar perguruan silat yang tergabung dalam BKP maupun dengan komunitas masyarakat lain,” imbuhnya.

Marjono juga menyampaikan, karena sesuatu hal, deklarasi BKP se-Kabupaten Bojonegoro diperkirakan akan dilangsungkan di alum-alun kota Bojonegoro pada pertengahan bulan depan.

Selanjutnya , usai pembacaan ikrar, 50 pendekar perwakilan dari 5 perguruan silat memperagakan jurus tunggal IPSI dan jurus Patuh secara serempak dengan semangat kebersamaan dan kekompakan yang tinggi sebagai penutup kegiatan. (Saiq/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim