Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Ikan Paus Tutul Terdampar di Pantai Pasirian Lumajang

Ikan Paus Tutul Terdampar di Pantai Pasirian Lumajang

TerasJatim.com, Lumajang – Seekor ikan paus tutul berukuran panjang sekitar 6 meter dan lebar 1,5 meter ditemukan terdampar di pinggir Pantai Bambang, Desa Bades Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang Jatim, Senin (09/09/19) malam.

Informasi yang dihimpun, saat ditemukan ikan raksasa itu masih dalam keadaan hidup. Namun selang beberapa saat kemudian, ikan jenis raksasa itu mati.

Kejadian ini pertama kali diketahui oleh warga setempat yang rumahnya dekat pesisir yang melihat ada benda besar tergeletak di pantai. Setelah didekati ternyata seekor ikan paus yang terdampar.

Hingga akhirnya, hal tersebut dilaporkan ke perangkat desa yang kemudian diteruskan ke Muspika setempat.

Mendapat laporan, Kapolsek Pasirian Kapolsek Pasirian Iptu Agus Sugiarto bersama Danramil serta anggota SKD mendatangi lokasi terdamparnya paus tersebut. “Jika ditinjau dari keadaannya, ikan paus ini masih utuh dan segar karena terseret ombak pasang dan akhirnya terdampar,” jelasnya, Selasa, (10/09/19).

Terpisah Kapolres Lumajang AKBP Muhammad Arsal Sahban membenarkan peristiwa terdamparnya paus tutul tersebut.

“Ini kali kedua saya mendengar adanya paus terdampar di Lumajang. Kali ini ukuran pausnya lebih kecil dari sebelumnya, dan indikasi sementara paus ini terseret gelombang air pasang sehingga terdampar di pesisir pantai, lalui mati akibat dehidrasi,” ujar perwira polisi asal Makasar ini.

Arsal menambahkan, pihaknya akan mengawasi bangkai paus ini agar tidak dieksploitasi oleh warga dan tetap utuh, hingga pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jatim datang untuk mengevakuasinya. (Luk/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim