Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Targetkan Raih Predikat KLA Tingkat Nindya, Bupati Blitar Akan Buat Perda Layak Anak

Targetkan Raih Predikat KLA Tingkat Nindya, Bupati Blitar Akan Buat Perda Layak Anak

TerasJatim.com, Blitar – Sejak 19 – 21 Mei 2019 tim verifikasi lapangan KPPPA evaluasi Kabupaten Layak Anak (KLA) 2019 di Kabupaten Blitar. Akhirnya tim memaparkan hasilnya kepada Pemerintah Kabupaten Blitar pada rapat koordinasi dalam rangka verifikasi Kabupaten Layak Anak di Pendopo Ronggo Hadi Negoro, Selasa (21/05/15).

Pemaparan dilakukan langsung oleh Ketua Tim Verifikasi Kabupaten Layak Anak. Selain itu dalam rapat koordinasi juga dihadiri langsung oleh Bupati Blitar, serta Ketua Forum Anak Kabupaten Blitar.

Usai rapat koordinasi, Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM mengatakan, ada beberapa koreksi atau evaluasi yang harus segera ditindaklanjuti. Satu diantaranya membuat Perda sendiri tentang layak anak. Dimana sampai saat ini aturan mengenai layak anak masih bergabung dengan Perda perlindungan perempuan dan anak.

“Mengingat memulainya dari tahapan yang semula tidak pernah dapat, kemudian tahun 2017 mulai ikut dan mendapat gelar pratama. Selanjutnya pada tahun 2018 meningkat memperoleh madya, dan tahun 2019 targetnya nindya, kemudian utama. Nah untuk mewujudkannya, kita harus melakukan beberapa koreksi yang sudah dipaparkan tim penilai,” jelas Bupati.

Lebih lanjut Bupati menuturkan, sebenarnya bukan target ini yang menjadi tujuan, tetapi bagaimana Kabupaten Blitar ini menjadi Kabupaten layak anak. Sehingga bagaimana hak-haknya anak bisa terpenuhi dan bagaimana anak bisa dilindungi.

“Jadi mulai kantor-kantor kecamatan sampai tingkat desa, karena sudah mendeklarasikan layak anak, ini tentunya mainan anak harus ada. Selain itu laktasi juga harus ada. Namun kalau laktasi sudah ada, tapi mainan anak belum ada. Sehingga hal ini perlu diperhatikan,” tandasnya.

Menurut Bupati, sebenarnya jika melihat tingkatan Kabupaten Blitar sudah lebih maju, karena sudah meningkat dari pratama ke madya. Nantinya kalau sudah nindya, ia yakin semuanya akan konsekuen.

“Makanya hasil dari evaluasi secepatnya harus ditindaklanjuti oleh forum gugus tugas dengan melaksankan rapat untuk merumuskannya. Kemudian ditindaklanjuti oleh dinas dan badan yang tergabung dalam gugus tugas,” tegas Bupati.

Bupati menambahkan, pihaknya mendorong sektor swasta untuk mendukung adanya Kabupaten Layak Anak ini. Terutama sektor wisata yang selama ini sudah memberikan dukungannya. (Adv/Mfh)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim