Pemilihan Ketua OSIS layaknya Pilkada, Cara Sosialisasi Dini

Pemilihan Ketua OSIS layaknya Pilkada, Cara Sosialisasi Dini

TerasJatim.com, Lamongan – Cara pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di sekolah, dinilai sebagai sarana paling tepat untuk mensosialisasikan tata cara pemilihan umum (pemilu) kepada para siswa sejak dini.

Menurut komisioner KPU Kabupaten Lamongan dari Divisi Sosialisasi, MH Fatkhur Romah, cara-cara seperti pemilihan Ketua OSIS dalam format Pilkada sangat efektif dalam memberikan sosialisasi kepada para siswa.

“Ini merupakan pendidikan politik serta pendidikan politik dini kepada siswa, pendidikan pemilih pemula, meski siswa Tsanawiah,” ucapnya di sela-sela pemilihan ketua OSIS Madrasah Tsanawiyah (MTs) Putra-Putri, PP Matholi’ul Anwar, Simo Sungelebak, Karanggeneng, Lamongan.

Proses pemilihan ketua OSIS layaknya pemilihan bupati-wakil bupati secara langsung memberikan education of electoral sebagai pemilih pemula dan pemilih dini. Sehingga siswa mengetahui tata cara dalam pemilu. Bahkan siswa bisa merasakan menjadi pelaksana, pemilih, calon pemilih dan perasaan berdemokrasi.

“Ini ilustrasi terkait dengan pemilihan, jadi siswa tahu mekanisme pemilihan umum. Siswa jadi tahu alur ketika menjadi pemilih, datang ke TPS, dan bagaimana alur sebagai penyelenggara dan tahu alur menjadi calon,” bebernya.

Pemilihan ketua OSIS kian terasa seperti pilkada, pasalnya, peralatan pemilu sudah lengkap tersedia. Mulai dari kertas suara, bilik maupun kotak suara hingga tinta untuk menandai pemilik suara yang sudah memberikan haknya dalam pemilihan.

Apalagi, sebelum dilaksanakan pemilihan, KPU memberikan bimbingan teknis kepada para siswa. “Ini pendidikan pemilu secara umum, yang secara otomatis pendidikan anak bangsa untuk mengetahui pemilihan umum secara luas,” tutur Fatkhur.

Ia menambahkan, pemilihan ketua OSIS secara langsung tersebut sebagai bentuk simulasi yang hasilnya lebih efektif. Sebab, siswa mengalaminya langsung melalui proses pemilihan ketua OSIS yang menyerupai pemilihan bupati.

“Ada calon A, B yang akan dipilih. Menjadi pemilih sangat luar biasa, karena akan menjadi pengalaman yang berharga. Nanti juga kalian akan memilih di Pilkada,” pungkasnya. (crus/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim