Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Jemaah Nafar Awal Tinggalkan Mina Kembali ke Makkah

Jemaah Nafar Awal Tinggalkan Mina Kembali ke Makkah

TerasJatim.com – Sebagian jemaah haji Indonesia yang memilih Nafar Awal mulai kembali ke pemondokan mereka di Makkah, Selasa (13/08/19) pagi, WAS.

“Alhamdulillah sejak tadi ba’da Subuh dari posko tenda misi haji di Mina bertolak menuju Jamarat, dan sebagian mereka sudah membawa tas kecilnya. Jadi mereka sudah akan menyelesaikan Nafar Awal-nya,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dalam rilisnya yang diterima TerasJatim.com, Selasa (13/08/19) malam.

Menurut Lukman, kegiatan penyelesaian lempar jumrah bagi para jemaah yang mengambil Nafar Awal ini tidak mengalami kendala yang berarti, meskipun kemarin Mina sempat diguyur hujan lebat serta pemadaman listrik.

“Jadi sejauh ini pelaksanaan lontar jumrah di jamarat berlangsung dengan baik, meskipun kemarin ketika ada hujan deras beberapa tenda di maktab mengalami pemadaman listirk,” katanya.

Lukman juga bersyukur, secara bertahap aliran listrik dapat dipulihkan kembali. “Kemudian memang juga ada beberapa maktab yang agak terlambat pemadamannya tapi itu juga bisa diatasi,” sambungnya.

Sementara, Kasatgas Mina Akhmad Jauhari menyampaikan, sedikitnya ada sekitar 120 ribu jemaah haji yang menyampaikan untuk menyelesaikan Nafar Awal-nya. “Mulai jam 07.00 waktu arab saudi pagi tadi, jemaah yang telah menyelesaikan Nafar Awal mulai diantar ke pemondokan masing-masing, dan akan berakhir pada pukul 17.00 sore ini,” tutur Jauhari.

Untuk diketahui, jemaah Nafar Awal adalah jemaah yang memilih untuk meninggalkan Mina pada 12 Zulhijjah. Sementara, jemaah Nafar Tsani bertahan sampai 13 Zulhijjah. (Her/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim