Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Jelang 1 Suro, Ratusan Pendekar Silat Bojonegoro Gelar Kirab

Jelang 1 Suro, Ratusan Pendekar Silat Bojonegoro Gelar Kirab

TerasJatim.com, Bojonegoro – Menjelang 1 Suro atau 1 Muharam 1441 H, ratusan pendekar silat dari 20 Perguruan Silat di Kabupaten Bojonegoro Jatim, menggelar kirab seni budaya dan penyerahan panji Bojonegoro Kampung Pesilat (BKP) kepada Forkopimda setempat. Kirab sendiri mengambil start dari Mapolres Bojonegoro berjalan kaki menuju Alun-alun Bojonegoro, Sabtu (31/08/19) pagi.

Di sepanjang rute kirab, para pesilat yang tergabung dalam BKP ini melakukan peragaan jurus-jurus seni silat khas BKP, yakni jurus harmoni. Tak hanya itu, para pesilat juga memperagakan tarung seni (sambung wiraloka) yang atraktif sehingga menyita perhatian warga.

Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli mengatakan, kirab dan apel penyerahan bendera BKP beserta bendera 20 perguruan silat kepada Forkopimda setempat ini dilaksanakan dalam rangka implementasi program Kapolri yaitu Promoter, penguatan Harkamtibmas dan membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap keamanan.

“Selain itu, kegiatan ini merupakan upaya membuat rukun perguruan silat di wilayah Bojonegoro. Polisi membutuhkan dukungan nyata dari masyarakat dan BKP untuk turut menciptakan situasi kamtibmas aman tertib dan damai, Jogo Bojonegoro bareng-bareng,” ujar Ary.

Sebelumnya, Wabup Bojonegoro Budi Irawanto yang hadir dan bertindak sebagai pemimpin apel para pesilat BKP menyatakan apresiasinya terhadap Ketua BKP Wahyu Subakdiono beserta pengurus dan seluruh anggota perguruan silat yang tergabung dalam BKP.

“Apresiasi yang tinggi dan terima kasih kepada Polres Bojonegoro sebagai inisiator terbentuknya BKP. Semoga BKP tambah solid, guyub dan rukun untuk menjaga persatuan dan kesatuan seluruh perguruan pencak silat yang ada di Bojonegoro,” papar Wabup yang biasa disapa Mas Wawan ini.

Berdasar pantauan TerasJatim.com, selain Wabup, Kapolres, Ketua BKP beserta pengurus hingga tingkat kecamatan, tampak hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Inf Bambang Hariyanto, Ketua FKUB KH Alamul Huda, PJU Polres Bojonegoro, para Kapoksek serta Ketua Perguruan Pencak Silat se Kabupaten Bojonegoro.

Sekadar diketahui, seusai kirab dan penyerahan panji BKP kepada Forpimda sekaligus ikrar damai usai, Kapolres, Ketua BKP beserta pengurus dan para ketua perguruan silat mengikuti prosesi peresmian sekretariat BKP yang berada di seberang jalan Rumdin Wabup Bojonegoro di kawasan Jalan Panglima Sudirman Bojonegoro. (Saiq/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim