Demo Petani Di Kantor Kejaksaan

Demo Petani Di Kantor Kejaksaan

TerasJatim.com, Blitar – Satu hari menjelang pelaksaan pilkada serentak, puluhan petani di Perkebunan Soso Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar, mendatangi Kantor Kejaksaan Negeri Blitar. Selain menuntut agar kejari segera mengusut tuntas kasus dugaan korupsi yang terjadi di perkebunan, massa juga mengkritisi kinerja Pemkab Blitar yang lamban menangani kasus sengketa lahan, antara petani dengan pihak perkebunan.

Massa juga membawa berbagai poster tuntutan, seperti bongkar konspirasi HGU mati, usut tuntas kasus korupsi perpanjangan HGU.

Massa menilai, jika proses perpanjangan hak guna usaha pihak perkebunan, diduga sarat tindak pidana korupsi.

Dalam orasinya, massa menyatakan, jika saat ini banyak perkebunan yang Hak Guna Usaha (HGU-nya)  telah mati, namun tetap menguasai lahan perkebunan, sehingga petani terlantar. Bahkan di perkebunan Soso, petani justru diintimidasi oleh pihak perkebunan.”Petani di perkebunan Soso diancam, bahkan tanaman yang mereka tanam justru dipanen oleh pihak perkebunan yang menyewa preman bayaran.” teriak Moh Triyanto Koordinator Aksi.

Massa kemudian ditemui oleh Kajari Blitar, Dade Ruskandar.

Kajari juga berjanji, jika pihaknya akan mengusut kasus dugaan korupsi perkebunan secara transparan.”Kita masih melakukan penyelidikan terkait dugaan korupsi. Dan kita juga masih menunggu berkas-berkas lain untuk dijadikan bukti tambahan.” ujar Dade Ruskandar, Kajari Blitar.

Massa juga menyerahkan beberapa dokumen atau bukti korupsi kepada pihak kejari Blitar.

Usai menyerahkan bukti, Koordinator aksi, Moh Triyanto mengatakan, timbulnya kasus sengketa tanah antara pihak perkebunan dengan petani, karena lambannya penanganan dari Pemkab Blitar.

“Menjelang pilkada besok, saya akan menyerukan kepada para petani, untuk menolak pasangan incumbent dalam pemilihan bupati-wakil bupati calon tunggal besok.” terang Moh Triyanto.

Aksi damai para petani di Kantor Kejaksaan tersebut sekaligus juga untuk menyambut Hari Anti Korupsi, yang diperingati setiap tanggal 9 Desember, yang kebetulan bertepatan dengan digelarnya pilkada serentak, besuk. (Aji/ TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim