DPRD Lamongan Gelar Paripurna Penyampaian Nota Keuangan Raperda PAPBD 2022 Oleh Bupati

DPRD Lamongan Gelar Paripurna Penyampaian Nota Keuangan Raperda PAPBD 2022 Oleh Bupati

TerasJatim.com, Lamongan – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaupaten Lamongan Jatim, menggelar rapat paripurna dengan agenda Penyampaian Nota Keuangan Raperda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022, pada Senin (29/08/2022).

Rapat yang dilaksanakan di ruang rapat Paripurna Gedung DPRD Lamongan itu dihadiri oleh 34 orang, dari unsur pimpinan dan anggota.

Dalam pidato pengantar Nota Keuangan Perubahan APBD TA 2022, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menuturkan, jika perubahan APBD merupakan momentum yang penting untuk mengoptimalkan arah pembangunan di Lamongan pada tahun 2022. Pengoptimalan tersebut dapat mempersembahkan hasil terbaik kepada seluruh masyarakat Lamongan dengan menunjukkan progress kontsruktif yang nyata dan konkrit.

“Pertimbangan perubahan ini untuk menyesuaikan program dan kegiatan yang bersumber dari DAK tahun 2022, penyesuaian terhadap dana perimbangan yang bersifat earnmark, alokasi dari Pemerintah Provinsi Jatim tentang Bantuan Keuangan Provinsi 2022, penyesuaian belanja dan pembiayaan yang lebih efektif, serta hasil evaluasi terhadap realisasi anggaran yang berjalan kurang lebih 1 semester,” tutur Pak Yes, sapaan akrabnya.

Menurutnya, Perubahan APBD TA 2022 ini dipilah menjadi beberapa sektor, diantaranya bidang insfrastruktur, bidang pendidikan dan olahraga, bidang kesehatan, serta bidang ekonomi dan sosial.

Dalam bidang insfrastruktur, difokuskan untuk rehabilitasi dan pemeliharaan insfrastruktur jalan, pengairan dan pertanian pedesaan, serta pengadaan PJU dan rambu lalu lintas.

Selanjutnya pada bidang pendidikan dan olahraga, akan diarahkan pada rehabilitasi gedung pendidikan dan pengadaan sarana prasarana sekolah serta pembinaan. Sedangkan untuk bidang kesehatan, akan mendorong derajat kesehatan masyarakat dengan kondisi geografis yang luas.

“Untuk bidang ekonomi dan sosial, masih akan bertumpu pada pemulihan dan percepatan ekonomi serta pengamanan sosial berupa memberikan bantuan langsung tunai kepada buruh rokok dan petani tembakau,” ungkap Pak Yes.

Lebih lanjut, Pak Yes juga menerangkan, hasil dari dukungan dan persetujuan dewan akan kebijakan refocusing dan perubahan APBD selama 2 tahun lalu akibat pandemi Covid 19, telah didapati perbaikan signifikan terhadap perkembangan ekonomi dan penguatan sosial.

Hal ini dapat dilihat dari ekonomi nasional yang terus menguat sebesar 5,44% di Triwulan II, sektor manufaktur dan perdagangan tumbuh secara ekspansif, sektor transportasi dan akomodasi mengalami pemulihan 21,3% san 9,8% pada Triwulan II, serta sektor lain.

Lebih spesifik, Pak Yes menyampaikan, jika perubahan anggaran APBD yang diproyeksikan dari pendapatan daerah mengalami peningkatan 2,20% dari proyeksi sebelumnya, yakni sebesar Rp.3.042.816.053.000,00. Dan alokasi belanja daerah direncanakan mencapai Rp.3.360.582.125.000,00 atau mengalami peningkatan 7,77%.

Sehingga dalam postur Perubahan APBD Kabupaten Lamongan TA 2022 mengalami defisit sebesar Rp.317.766.071.000,00.

Guna menyeimbangkan defisit yang terjadi, maka akan ditempuh melalui penerimaan pembiayaan sebesar Rp.355.087.500.000,00. Selanjutnya dari sisi pengeluaran pembiayaan daerah, dalam perubahan ini dialokasikan anggaran sebesar Rp37.321.423.428.000,00. (Kta/Red/TJ/Adv)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim