Satu Orang PDP asal Sampung Ponorogo Meninggal Dunia

Satu Orang PDP asal Sampung Ponorogo Meninggal Dunia

TerasJatim.com, Ponorogo – Satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kabupaten Ponorogo Jatim, dilaporkan meninggal dunia. Pasien tersebut adalah seorang laki-laki, umur 40 tahun, warga asal Sampung.

Kabar duka tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Ipong Muchlissoni, kepada TerasJatim.com, Rabu (17/06/20).

Menurut Ipong, pasien tersebut sering bolak balik Ponorogo-Surabaya untuk sebuah urusan pekerjaan. “Warga Ponorogo yang saya cintai, kembali saya kabarkan berita duka, yaitu adanya satu orang PDP yang meninggal dunia,” terang Ipong.

Lebih lanjut, Ipong menjelaskan, bahwa pasien tersebut terakhir datang dari Surabaya pada tanggal 2 Juni lalu, yang kemudian pada tanggal 13 Juni ada keluhan demam, batuk disertai sesak, dan dirujuk ke RSUD. Dari hasil pemeriksaan rontgent, terdapat pneumoni bilateral. Selanjutnya pada tanggal 15 dan 16 sudah dilakukan swab sebanyak 2 kali, namun hasilnya belum keluar.

“Dengan adanya kejadian ini, kembali saya himbau kepada seluruh masyarakat Ponorogo yang saat ini tinggal di luar kota dan dalam keadaan sakit, sebaiknya tidak pulang dulu sampai benar-benar sembuh. Dan untuk masyarakat Ponorogo, bila tidak ada hal yang sangat penting, mohon untuk tidak bepergian ke luar kota, terutama kota-kota zona merah. Hal ini sangat penting untuk memutus rantai penularan Covid-19,” imbuh Ipong.

Ipong juga meminta kepada kades/lurah dan seluruh perangkatnya, beserta seluruh ketua RT/RW, agar lebih ketat melakukan monitoring keluar masuknya orang di lingkungannya, dan tetap menerapkan isolasi bagi warga yang baru datang dari zona merah.

Selain itu protokol kesehatan harus tetap dipatuhi dan dilaksanakan dengan disiplin sebagai kebiasaan sehari-hari. “Selalu sering cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, pakai masker dan jaga jarak minimal 1 meter saat berinteraksi dengan orang lain, mengurangi berkerumun, tingkatkan imunitas dengan olahraga teratur dan selalu bahagia serta berdoa dan dekatkanlah selalu kepada Allah SWT. Mari bersatu dan berjuang melawan Covid-19,” pungkas Ipong.

Sementara, hingga hari ini jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Ponorogo berjumlah 34 orang, sembuh 20 orang, isolasi mandiri 1 orang, meninggal dunia 1 orang dan isolasi di rumah sakit 12 orang. (Any/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim