Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Harga Tembakau Tinggi, Petani di Bojonegoro Semangat

Harga Tembakau Tinggi, Petani di Bojonegoro Semangat

TerasJatim.com, Bojonegoro – Musim kemarau kali ini para petani tembakau di Bojonegoro Jatim, bisa bernafas lega. Pasalnya, harga daun nikotin itu lumayan tinggi, yakni berkisar antara Rp28 ribu hingga Rp32 ribu/kilogram untuk rajang kering.

H. Mubarok, salah satu petani tembakau di Kecamatan Kepohbaru mengaku, tingginya harga tembakau rajang tahun ini sudah dirasakan para petani sejak petikan daun pertama (gowok-an, red).

“Ya mulai gowokan harganya sudah lumayan. Mulai dari Rp24 ribu hingga Rp28 ribu rajangan,” ujarnya kepada TerasJatim.com, Selasa (17/09/10) siang.

Kendati demikian, ia menyebut tidak semua petani di kampungnya sukses merawat tanaman tembakau hingga besar. Selain faktor sulitnya air untuk menyiram tanaman, juga faktor hama tikus.

“Tiap ketigo (kemarau) kekurangan air bagi para petani kan, hal biasa dan bisa ngatasi. Tetapi persoalan tikus ini yang bikin pusing,” ungkapnya seraya tersenyum.

Sementara itu, Sutiyono, pengepul tembakau untuk mengisi kebutuhan salah satu produsen rokok besar juga mengatakan hal sama. Ia menyebut kualitas tembakau pada kemarau saat ini bagus karena cuaca yang mendukung.

“Harga tinggi karena kualitasnya bagus tetapi lumayan sulit mencari barangnya karena banyak yang gagal tanam disebabkan hama,” ungkap dia, Selasa (17/09/19).

Sekadar diketahui, pantauan di beberapa lokasi penghasil tembakau, para petani tampak bersemangat mengolah hasil tanamannya. Saat ini, para petani sudah memasuki masa petik daun ketiga atau memasuki fase daun gantungan dengan kualitas tertinggi. (Saiq/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim