Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Polisi Buru Penyebar Video Hoaks ‘Bentrokan di Kantor KPU Sampang’

Polisi Buru Penyebar Video Hoaks ‘Bentrokan di Kantor KPU Sampang’

TerasJatim.com, Surabaya – Telah beredar sebuah postingan video hoaks di berbagai media sosial, beberapa saat lalu. Dalam unggahan video bertajuk kerusuhan Pemilu 2019 tersebut, terjadi kericuhan antara warga Sampang Madura dengan aparat kepolisian.

Dalam video tersebut, ada narasi “Pecah!! Madura kacau, ribuan warga Sampang Madura kepung KPU tuntut kecurangan. Massa bentrok dgn polisi, KPU berhadapan dgn rakyat”.

Faktanya, video tersebut bukanlah terjadi saat Pemilu 17 April 2019, namun video itu terjadi pada Pilkada Serentak pada tahun 2018 lalu.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol. Frans Barung Mangera menjelaskan, polisi masih terus menyelidiki untuk mencari siapa penyebar video hoaks tersebut.

“Ini diduga untuk membentuk opini di media sosial, sehingga masyarakat terpengaruh. Yang jelas cepat atau lambat penyebar video itu akan tertangkap,” tegasnya, di Mapolda Jatim, Selasa (23/04/19) siang.

Barung menambahkan, video tersebut beredar di YouTube, salah satunya di akun AP. “Kami tegaskan, itu kejadian Pilkada Serentak 2018 yang diulang dahulu yang dimenangkan oleh bupati sekarang,” jelasnya.

Kini, polisi tengah menyelidiki untuk mengidentifikasi siapa penyebar video tersebut. “Sudah pasti (ditelusuri),” pungkasnya. (Ah/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim