Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Melalui Program Desa Sadar Jaminan Sosial, BPJS TK Cabang Pacitan Berikan Edukasi Masyarakat Desa Bomo

Melalui Program Desa Sadar Jaminan Sosial, BPJS TK Cabang Pacitan Berikan Edukasi Masyarakat Desa Bomo

TerasJatim.com, Pacitan – Sebagian besar buruh atau pekerja penerima upah yang bekerja di sektor informal di Kabupaten Pacitan, belum sepenuhnya menjadi peserta jaminan sosial dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Buruh tani, kuli bangunan maupun pekerja serabutan misalnya. Tentunya, atas profesi yang dilakukannya itu tidak menutup kemungkinan juga rentan terhadap risiko yang akan terjadi.

Para pekerja itu perlu mendapat perlindungan, sehingga semisal terjadi risiko atas pekerjaan yang dilakukannya, tidak akan membuat para pekerja semakin menanggung beban yang berat.

Namun, hingga kini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui sepenuhnya terkait progam-progam perlindungan ataupun jaminan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan. Untuk itu, masyarakat perlu diberikan informasi dan juga pemahaman yang benar atas progam perlindungan tersebut.

BPJS Ketenagakerjaan melalui Kantor Cabang Pacitan, telah melakukan sosialisasi-sosialisasi maupun eduksi terhadap masyarakat, salah satunya di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jatim.

Kegiatan yang dipusatkan di Balai Desa Bomo pada Selasa, 30 Juli 2019 lalu, diikuti sekitar 80 orang perwakilan dari masyarakat setempat. Sejumlah masyarakat tersebut juga terlihat cukup antusias saat mengikuti sosialisasi progam tersebut.

Menurut Kepala Kantor Cabang BPJS TK Pacitan, Binti Kristanti, kegiatan itu tidak lain dalam rangka pelaksanaan program desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan, agar masyarakat lebih mengenal program-program yang dilaksanakan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

“Dengan memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, diharapkan agar para pekerja lebih memahami program-program jaminan sosial ketenagakerjaan yang dapat di akses, supaya terjamin dari risiko yang bisa terjadi kapan saja,” ujar Binti, saat ditemui TerasJatim.com, di ruang kerjanya, Jumat (02/08/19).

Binti menjelaskan, ada 4 program jaminan unggulan yang ditawarkan BPJS Ketenagakerjaan, yakni jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan hari pensiun dan jaminan kematian. “Ke-4 program BPJS Ketenagakerjaan itu tentu bisa dimanfaatkan oleh pekerja. Dan dengan adanya program tersebut, kesadaran akan pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan semakin tumbuh di masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Bomo, Suratmi, sangat mendukung program BPJS Ketenagakerjaan tersebut. “Alhamdulilah, sangat positif untuk semuanya. Semoga apa yang menjadi harapan kita semua dapat berjalan lancar, dan semua menyadari akan pentingnya BPJS ketenagakerjaan,” ucapnya, melalui pesan tertulisnya. (Git/Red/TJ/Adv)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim