Kebiasaan Awal Orang-Orang ‘Kaya’

Kebiasaan Awal Orang-Orang ‘Kaya’
ilustrasi

TerasJatim.com, Surabaya – Kunci keberhasilan untuk menjadi ‘kaya’ adalah keahlian dalam mengatur uang secara efektif. Kebanyakan orang yang berhasil membuat keputusan yang efektif, dimulai sejak masih muda.

Berikut ini yang dilakukan secara konsisten oleh orang-orang ‘kaya’, yang tidak ada salahnya untuk diterapkan dalam gaya hidup kita sehari-hari.

  • 1.Berhati-hati dalam pengeluaran kecil

    Kebanyakan dari kita pasti berhati-hati dalam berinvestasi ataupun pembelian yang besar. Tetapi bagi orang ‘kaya’ justru pengeluaran kecil yang perlu dipikirkan karena ada begitu banyak pengeluaran kecil akan menjadi jumlah yang besar. Mereka selalu mencari cara yang mana bisa dikurangi sedikit dari setiap pengeluaran.

  • 2. Berfokus untuk masa depan

    Seringkali begitu mudahnya kita menghabiskan uang hanya untuk sesuatu barang yang disukai saat ini, dan pada akhir hari menemukan dompet dan rekening bank sudah menipis. Berapa pun penghasilan kita, cara hidup seperti ini tidak akan pernah menjadikan kita ‘kaya’. Prinsip yang berbeda diterapkan orang ‘kaya’. Orang ‘kaya’ berfokus ke masa depan dan tidak sekedar memuaskan keinginan belanja saat ini. Ada pepatah dari Tennessee Williams “Anda dapat menjadi muda tanpa uang, tetapi Anda tidak dapat tua tanpanya”.

  • 3. Jangan suka pamer barang agar orang terkesan

    Seringkali orang senang menggunakan barang yang bagus agar yang melihat terkesan. Bila ingin ‘kaya’ kita tidak dapat melakukannya agar pengeluaran bisa dibatasi. Belilah sesuatu yang kita butuhkan, tetapi jangan melakukan hanya untuk mengesankan pandangan orang.

  • 4. Buat planning keuangan hitam putih

    Kebutuhan dan keinginan saat ini semakin banyak dan yang ingin dibeli juga banyak, hingga pada akhirnya tidak ada uang untuk ditabung. Jika kita tidak memiliki rencana dan anggaran keuangan, maka uang akan mengalir terus. Orang ‘kaya’ tahu dari mana uangnya berasal dan di mana uang itu akan digunakan dengan cara menulisnya.

  • 5. Kerja keras

    Ada pendapat di masyarakat, bahwa orang ‘kaya’ hidupnya berfoya-foya. Tapi kenyataan yang ada mereka kerja keras. Yang dilakukannya melebihi orang biasa sekurang-kurangnya pada umur yang paling produktif. Jika penghasilan sudah bertambah, mereka menyimpan lebih dari yang sebelumnya.

  • 6. Menabung dari penghasilan

    Perlu diketahui orang ‘kaya’ tidak senang menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak penting. Mereka tidak seperti yang dipikirkan kebanyakan orang, itulah sebabnya mengapa mereka tetap ‘kaya’. Mereka selalu menabung. Mereka juga mengerti di mana uang tabungannya harus ditempatkan yang bisa memberikan imbal hasil yang menguntungkan.

  • 7.Sering tawar menawar saat berbelanja

    Sama seperti kita kebanyakan, orang ‘kaya’ pun ingin uangnya bernilai tinggi. Mereka selalu mencoba mencari diskon murah dan tawar menawar. Ada orang bijak mengatakan “mengapa harus membayar mahal, bila ada orang membayarnya kurang untuk itu”.

  • 8. Resep orang ‘kaya’

    Setelah kita menerima gaji atau pendapatan, sisihkan beberapa persen untuk beramal dan juga beberapa persen untuk investasi, dan gunakan sisanya untuk membiayai hidup. Bagi kita yang hidupnya pas-pasan tanpa tabungan, lakukan yang sederhana saja yaitu amalkan berapa persen dari penghasilan. Beramal seperti menanam benih kebaikan, hal ini akan memberikan rasa tenteram yang memacu produktifitas bekerja.

  • 9.Tutup kebocoran

    Orang ‘kaya’ biasanya tidak pernah mengeluarkan uang tanpa rencana. Mereka tetap sangat hati-hati tentang biaya dan ongkos yang bisa dicegah. “Hati-hati dengan biaya-biaya kecil, kebocoran kecil akan menenggelamkan sebuah kapal yang besar”(Benyamin Franklin).

    Hidup orang ‘kaya’ ternyata sederhana dan tidak berfoya-foya. Mereka sangat hati-hati dalam pengeluaran dan bekerja keras untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Apakah kita masih mau ‘kaya’ ?

    Tidak ada salahnya, jika kita mengIkuti pola hidup mereka yang sudah kaya’. (Kta/TJ diolah dari Keluarga.com)

 

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim