Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Gubernur Resmi Buka Jatim Fair 2019 di Grand City Surabaya

Gubernur Resmi Buka Jatim Fair 2019 di Grand City Surabaya

TerasJatim.com, Surabaya – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa membuka Jatim Fair ke 10 Tahun 2019 di Grand City Surabaya, Selasa (08/10/19).

Jatim Fair merupakan rangkaian Hari Jadi ke-74 Jawa Timur 2019, yang digelar mulai 8 hingga 13 Oktober mendatang, dengan mengusung tema “Semarak Belanja Hiburan dan Rekreasi Keluarga”.

“Pameran ini sebagai bagian dari penguatan kita semua, bagaimana di antara Pemprov, BUMN dan BUMD dunia usaha dan dunia industri bersama-sama kita membangun Indonesia dan memberikan penguatan nya melalui bumi Majapahit Jawa Timur,” kata Khofifah.

Tahun 2019 ini adalah kali ke-sepuluh Jatim Fair digelar. Beragam acara menarik sudah disiapkan untuk memeriahkan Jatim Fair 2019 ini. Selain semarak wisata belanja, Jatim Fair 2019 juga menyuguhkan talkshow, demo produk, pesta mainan anak indoor dan outdoor, launching product, display sampling, aneka lomba dan doorprize, bazar serta gebyar diskon.

Berbagai produk kerajinan daerah dan pertunjukan kesenian juga turut digelar untuk semakin memeriahkan event ini. Bahkan sejumlah artis dan band nasional juga dijadwalkan tampil, di antaranya Tulus, Padi, Tipe-X, Naif dan Sheila On 7.

Menurut Khofifah, Jatim Fair 2019 menjadi forum bisnis yang mempertemukan antara produsen dan juga pembeli/buyer. Tidak hanya dari Jawa Timur, kata dia, tetapi juga dari luar provinsi dan pulau serta mancanegara dengan berbagai background di antaranya investor, komunitas bisnis, trader, mahasiswa, pelajar, PNS dan swasta dan lainnya.

Jatim Fair 2019 diharapkan akan memberi dampak positif bagi perekonomian masyarakat Jatim. Saat ini terdapat 540 stand berasal dari dalam dan luar negeri. Ia berharap nilai transaksi selama Jatim Fair digelar dapat menembus angka Rp 100 miliar dengan total pengunjung lebih dari 125.000 orang.

Ia berharap Jatim Fair kali ini ini juga menjadi ajang penciptaan entrepreneur-enterpreneur baru dan pelaku UMKM Jatim masuk ke pasar yang lebih besar lagi. Setiap tahun Pemprov Jawa Timur terus berbenah dalam penyelenggaraanya. “Saya yakin gelaran Jatim Fair tahun ini akan meninggalkan kesan mendalam karena akan ada banyak kejutan selama Jatim Fair digelar,” ungkapnya.

Disisi lain Gubernur mengatakan, bahwa Jawa Timur pertumbuhannya insya Allah sangat menggembirakan, karena pada semester 1-2019 secara nasional pertumbuhannya sebesar 5,05%. Sedangkan pertumbuhan Jawa Timur mencapai 5,72% (y on y) sementara pertumbuhan (q to q) mencapai 5,64%. Suasana yang aman dan kondusif ditambah dengan SDM yang memiliki daya saing tinggi tentu akan menjadi bagian yang penting. Bagaimana stimulasi pertumbuhan ekonomi nasional bisa kita dorong lebih siknifikan dari Provinsi Jatim.

Menurut Gubernur, sektor-sektor yang memberikan kontribusi terhadap Produk Domistik Regional Bruto (PDRB) di Jatim tertinggi konsumsinya didukung dari industri kemudian disusul perdagangan, sektor pertanian dan 14 sektor lainnya.

“Kontribusi terbesar dari PDRB Jawa Timur pertama adalah akomodasi dan makanan minuman (Mamin), jasa kesehatan selanjutnya ketiga adalah industri pengolahan dengan kontribusi cukup sifnifikan,” ungkapnya.

Pada pembukaan Jatim Fair 2019 kali ini dimeriahkan dengan Banjari, tari, yang kemudian ditutup dengan penampilan band ibukota asal Surabaya, Padi. (Jnr/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim