118 Unit Huntara Untuk Korban Erupsi Semeru di Lahan Relokasi Desa Sumbermujur Lumajang Telah Rampung

118 Unit Huntara Untuk Korban Erupsi Semeru di Lahan Relokasi Desa Sumbermujur Lumajang Telah Rampung

TerasJatim.com, Lumajang – Pembangunan Hunian Sementara (Huntara) bagi warga terdampak erupsi Gunung Semeru di lahan relokasi Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang Jatim, hingga saat ini masih terus berlangsung.

Data Posko Transisi Darurat Ke Pemulihan Pasca Bencana Erupsi Gunung Semeru, hingga Selasa (08/02/2022) menyebutkan, tercatat 118 unit Huntara sudah rampung, dan 53 unit Huntara masih dalam tahap penyelesaian.

“Sebagian sudah mulai proses membangun, kemarin saya ke sana sudah ada yang jadi beberapa unit, kemudian milik Pramuka Peduli, Insyaallah diperkirakan tanggal 10 Februari besok bisa rampung sekitar 19 unit, dan dari ACT juga masih proses,” ungkap Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, di Graha Nararya Kirana Lumajang, Rabu (09/02/2022).

Wanita yang akrab dipanggil Bunda Indah ini juga mengungkapkan, pembangunan Huntara bagi warga terdampak erupsi Semeru akan terus dipercepat, sehingga sebelum bulan Ramadhan 1443 H bisa ditempati.

“Kami memacu supaya paling tidak sebelum Ramadhan 1443 H mereka (warga terdampak erupsi, red) bisa menempati hunian,” terang dia.

Selain itu, diungkapkan Bunda Indah, bahwa pemerintah daerah rencananya akan membangun Huntara sekitar hampir 2.000 unit, dan setelah rampung 100 persen nanti akan diserahkan kepada masing-masing Kartu Keluarga (KK), terutama bagi rumah warga yang hancur atau rusak serta berada pada zona merah.

“Jadi ini langsung diserahkan ke masing-masing KK, sambil kita berproses lahan negara ini untuk pelepasannya. Sehingga nanti bisa menjadi SHM (Sertifikat Hak Milik, red) bagi para warga terdampak,” pungkasnya. (Ard/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim