Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

50 Terduga Provokator Demo di Surabaya Diamankan, 2 Diantaranya Pelajar SD

50 Terduga Provokator Demo di Surabaya Diamankan, 2 Diantaranya Pelajar SD

TerasJatim.com, Surabaya – Aksi #SurabayaMenggugat yang digelar mahasiswa dan elemen masyarakat sipil di Gedung DPRD Jatim, pada 26 September 2019 kemarin, aparat kepolisian mengamankan sedikitnya 46 orang yang diduga sebagai provokator. Sementara sebelumnya, 4 orang pelaku vandalisme juga telah diamankan. Sehingga total menjadi 50 orang.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, mengatakan, di antara puluhan orang yang diamankan itu, ada 2 pelajar Sekolah Dasar (SD), 25 pelajar SMP hingga SMA-SMK dan 23 orang dewasa.

“Total ada 50 orang yang kita amankan kemarin, ada dua pelajar Sekolah Dasar,” kata Barung di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Jumat (27/09/19).

Selain sudah ada yang dilepaskan, sejumlah orang yang diamankan masih ada yang menjalani pemeriksaan di Mapolrestabes Surabaya. Namun kemungkinan besar kesemuanya akan dilepas.

“Masih dalam pemeriksaan 1 x 24 jam. Kemungkinan akan dilepas, karena akibatnya tidak begitu ada dampaknya, terus tidak ada korban. Kemungkinan kita lepas untuk wajib lapor,” imbuhnya.

Barung menambahkan, pihaknya memiliki alasan untuk mengamankan puluhan massa ini. Beberapa yang diamankan ini karena melakukan upaya provokasi saat aksi #SurabayaMenggugat.

Selain itu, ada yang tertangkap basah melemparkan batu hingga botol ke arah petugas. Ada pula pelajar SMP yang diamankan lantaran melemparkan bom molotov ke petugas.

Selain itu, aparat keamanan juga menyita sejumlah barang bukti, diantaranya puluhan ponsel, batu hingga kapak serta cat semprot. (Jnr/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim