2016, Banyuwangi Prioritaskan Pembangunan Jalan

2016, Banyuwangi Prioritaskan Pembangunan Jalan

TerasJatim.com, Banyuwangi – Dinas Pekerjaan Umum Binamarga Cipta Karya dan Tata Ruang (BCKTR) Banyuwangi Jawa Timur, memprioritaskan pembangunan jalan antar desa pada awal tahun 2016 ini.

Hal itu dilakukan guna meningkatkan pelayanan infrastruktur jalan terhadap masyarakat. Sedangkan untuk pembangunan jalan poros antar kecamatan tidak menjadi prioritas, karena 90 persen sudah selesai.

Mujiono Kepala Dinas PU BCKTR Banyuwangi kepada TerasJatim.com mengatakan, anggaran untuk pembangunan jalan dan jembatan sebesar 275 miliar.

Dari 24 Kecamatan yang ada di Banyuwangi, masing masing kecamatan akan mendapatkan jatah 6 miliar.

Mujiono menambahkan, untuk pembangunan jalan menuju tempat wisata sudah banyak yang tuntas. Namun menurutnya ada beberapa jalan menuju tempat wisata yang perlu dilakukan pelebaran, seperti jalan yang menuju tempat wisata Pulau Merah Kecamatan Pesanggaran.

Di tempat tersebut volume kendaraan kurang berimbang dengan luas jalan, yang berakibat sering terjadi kemacetan.

Karena itu menurutnya perlu dilakukan pelebaran jalan dari 4 meter menjadi 6 atau 7 meter. “Pembangunan akan dilakukan 2 bulan mendatang, karena saat ini masih dalam proses kajian terkait spek, kualitas dan kuantitasnya,” jelasnya.

Tidak hanya fokus melakukan pembangunan jalan desa, pada awal tahun 2016 ini, Dinas PU BCKTR Banyuwangi juga melakukan pemeliharaan jalan di Banyuwangi yang rusak atau berlubang akibat guyuran hujan selama beberapa pekan terkahir.

Pemeliharaan jalan tersebut dilakukan dengan cara tambal sulam. “Tambal sulam ini harus kita lakukan agar tingkat kerusakan jalan tidak semakin parah,” pungkasnya (Irh/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim