Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tumbuhkan Kesadaran Pentingnya Jaminan Sosial, BPJS Ketenagakerjaan Pacitan Gencar Sosialisasi

Tumbuhkan Kesadaran Pentingnya Jaminan Sosial, BPJS Ketenagakerjaan Pacitan Gencar Sosialisasi

TerasJatim.com, Pacitan – Segala profesi yang dilakukan seseorang, tidak menutup kemungkinan rentan akan risiko kecelakaan kerja yang bisa terjadi kapan saja. Sehingga, perlunya perlindungan kepada para pekerja untuk meringankan beban atas risiko dari pekerjaan yang dilakukannya itu.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan melalui Kantor Cabang Pacitan, gencar melakukan sosialisasi maupun edukasi kepada masyarakat di Kabupaten Pacitan, terkait progam-progam perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Pada berita sebelumnya, sosialisasi tersebut dilakukan di dua dusun yang ada di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Pacitan. Dan masih di desa/kecamatan yang sama, sosialisasi oleh BPJS TK berikutnya, dilakukan di Dusun Krajan dan Dusun Gedangan, pada Selasa (27/08/19) kemarin.

Adapun progam yang disampaikan oleh Binti Kristanti, Kepala Kantor Cabang BPJS TK Pacitan pada saat sosialisasi yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Kematian (JKM). Tentunya, ke depan progam itu manfaatnya dapat dirasakan oleh pekerja, setelah mendaftar menjadi peserta.

“Peserta hanya membayar iuran Rp.16.800 per bulan untuk JKK dan JKM. Dan dengan Rp.36.800 per bulan, peserta sudah tercover JKK, JKM dan JHT,” jelas Binti, saat ditemui TerasJatim.com di ruang kerjanya, Jumat (30/08/19).

Sosialisasi tersebut, lanjut Binti, akan terus dilakukan, selain sebagai upaya dalam mewujudkan desa sadar akan jaminan sosial ketenagakerjaan, juga untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya jaminan sosial tersebut.

“Selain mengenalkan program BPJS TK, sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan informasi, motivasi dan edukasi serta dapat memberikan pemahaman yang benar atas progam perlindungan kepada pekerja Bukan Penerima Upah di Desa Sendang ini,” terangnya.

Untuk diketahui, pada kegiatan yang dipusatkan di salah satu rumah kepala dusun itu, diikuti oleh puluhan warga, yang terdiri dari 30 warga asal Dusun Krajan dan 40 warga Dusun Gedangan, Desa Sendang. (Git/Red/TJ/Adv)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim