TMMD Membantu Percepatan Pembangunan di Pedesaan

TMMD Membantu Percepatan Pembangunan di Pedesaan

TerasJatim.com, Bojonegoro – Upacara pembukaan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke-95 tahun 2015 di Desa Bakung Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro di lapangan desa setempat kamis (8/10) dihadiri oleh Danrem 082, jajaran Forpinda Bojonegoro dan undangan lainya.

Tema TMMD ke-95 2015 yakni: “Dengan semangat kemanunggalan TNI, Polri, Kementrian, lembaga pemerintah, non kementrian, pemerintah daerah dan seluruh komponen bangsa lainya, kita laksanakan percepatan pembangunan melalui program TNI manunggal membangun desa guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pedesaan”.

Selaku Inspektur dalam upacara pembukaan TMMD ke-95 tahun 2015 yakni, Brigjen TNI (Mar) Gunung Heru TWJ, SH, juga membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Darat, Jendral TNI Mulyono mengungkapkan, program TMMD ke-95 tahun 2015 diikuti 0leh 61 kabupaten/kota seluruh indoesia.

Pogram TMMD adalah program lintas sektoral yang melibatkan TNI, kementrian, lembaga pemerintah, non kementrian dan pemerintah daerah. Melalui program ini diharapkan dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan.

Peran dan kerjasama yang erat dari semua pihak merupakan penentu keberhasilan program TMMD, membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah,dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

TMMD yang berkesinambungan diharapkan akan dapat mewujudkan ketahanan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman.

Sasaran kegitan TMMD non fisik yakni penyuluhan program sanitasi total berbasis masyarakat, sedangkan sasaran fisik yang dilakukan diprioritakan pada pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana fasilitas umum lainnya yang menjadi kebutuhan masyarakat didaerah dalam rangka memberdayakan masyarakat pedesaan.

Kasad TNI AD selaku penanggung jawab operasional TMMD juga berharap Melalui program Gema Sang Juara, 1 juta jamban bagi keluarga Indonesia, diharapkan desa yang menjadi sasaran program TMMD diwujudkan dalam ’KATA JAGA’ (kampung Total Jamban Keluarga) agar supaya TNI selalu mencintai dan dicintai oleh rakyat. (Eko/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim