Salah Satu Desa di Sidoarjo Salurkan BLT DD Secara Langsung ke Rumah Warga

Salah Satu Desa di Sidoarjo Salurkan BLT DD Secara Langsung ke Rumah Warga

TerasJatim.com, Sidoarjo – Program pencarian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di Sidoarjo, kini sudah bisa disalurkan ke masyarakat.

Seperti halnya Pemerintah Desa (Pemdes) Kedungrawan Krembung Sidoarjo, yang sudah mencairkan dan langsung disalurkan ke 130 warganya. Namun, ada yang berbeda dalam penyalurannya.

Pj Kepala Desa Kedungrawan, Sigit Hari, menyampaikan, dalam penyaluran BLT DD untuk warga desanya, pihaknya yang mendatangi langsung ke rumah warga (door to door). Sehingga warga tidak perlu datang untuk antre ke balai desa.

“Warga cukup di rumah saja, kami yang datang ke warga. Sebagai penyerahan simbolis kami undang beberapa warga ke balai desa,” ucapnya saat penyerahan BLT secara simbolis di balai desa, Rabu (20/05/20).

Sementara itu, Sekdes Kedungrawan, Oky menjelaskan, warga desa memang tidak diundang langsung ke balai desa. Untuk pengambilan bantuan tunai ini, cukup perwakilan warga dan selanjutnya pihak desa yang menyalurkan ke rumah warga.

“Kami tetap terapkan protokol kesehatan dalam menghentikan penyebaran Covid-19. Jadi warga tetap di rumah (Stay at home),” terangnya kepada TerasJatim.com, Rabu (20/05/20).

Oky juga mengatakan, selain menerapkan protokol kesehatan, pihaknya juga menyalurkan BLT ini sesuai aturan dan kriteria dari Peraturan Menteri Desa (Permendes). Seperti, belum pernah mendapat bantuan apapun, dan kehilangan penghasilan (miskin) atau terdaftar tapi belum dapat bantuan.

“Sebelumnya kami lakukan musyawarah desa khusus dengan perangkat dan aparat desa lainnya. Sehingga, penyalurannya tepat sasaran,” tandasnya.

Diharapkan, dengan bantuan tunai sebesar Rp600 ribu ini, bisa meringankan beban ekonomi warga desa selama pandemi Covid-19. “Yang paling utama, warga benar-benar menggunakan bantuan tersebut sebaik mungkin,” pungkasnya. (Den/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim