Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Persiapan Dishub Pacitan Hadapi Mudik Lebaran dan Libur Sekolah

Persiapan Dishub Pacitan Hadapi Mudik Lebaran dan Libur Sekolah

TerasJatim.com, Pacitan – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pacitan, saat ini tengah melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi mudik Lebaran 2019 dan libur panjang sekolah.

“Ini sudah mulai rapat koordinasi di Surabaya. Dishub Jatim juga sudah mengeluarkan surat kepada seluruh dishub kabupaten untuk mengantisipasi kaitannya dengan transportasi darat, prasarana jalan dan cek kendaraan umum,” ujar Wasi Prayitno, Kepala Dishub Pacitan, Selasa (24/04/19).

Selain itu, dalam rakor tersebut, pihaknya juga diminta untuk mengingatkan kepada lembaga pendidikan, terkait dengan libur panjang sekolah yang pada umumnya digunakan oleh sekolah melakukan study tour dengan menggunakan biro-biro perjalanan.

Oleh karena itu, Wasi meminta untuk tidak memilih biro perjalanan karena alasan murah, namun juga harus memastikan terlebih dahulu terutama kelayakan kendaraan yang hendak dipakai dan lainnya.

“Kita diminta untuk mengingatkan teman sejawat dari dinas pendidikan yang kaitannya dengan waktu libur¬† panjang sekolah, karena biasanya pihak sekolah itu mengadakan tour. Lha itu jangan hanya mencari biro yang murah, tapi kendaraannya tidak layak jalan. Jadi, harus benar-benar diyakinkan, baik bironya maupun kendaraan yang akan dipakai laik jalan,” katanya mengingatkan.

Wasi menambahakn, pihaknya segera menindaklanjuti hal tersebut, dan akan memberikan surat kepada dinas pendidikan maupun cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Wilayah Pacitan. Agar, dari lembaga tersebut juga mengingatkan kepada pihak sekolah.

“Karena, kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi itu adalah kendaraan pariwisata yang digunakan oleh lembaga pendidikan tidak layak jalan, seperti tidak kir, kondisi ban halus dan sebagainya,” terangnya.

Sementara itu, disinggung soal mudik gratis menjelang lebaran, ia mengatakan bahwa hal itu tetap ada atau masih dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jatim dengan tujuan Surabaya-Pacitan.

“Itu masih ada, dan pendaftarannya secara online di Dishub Surabaya. Jadi, mudiknya itu daftar keberangkatan maupun baliknya dari sana (Surabaya) semua. Dan untuk baliknya dari sini (Pacitan) disediakan 11 bus,” tukasnya. (Git/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim