Peralihan Musim, Ini Imbauan BPBD Pacitan

Peralihan Musim, Ini Imbauan BPBD Pacitan

TerasJatim.com, Pacitan – Memasuki peralihan musim dari kemarau ke musim penghujan di sejumlah wilayah di Indonesia, pada masa peralihan itu sering kali terjadi cuaca ekstrem, seperti angin puting beliung hingga hujan lebat yang disertai petir.

Untuk mengantisipasi dari dampak cuaca ekstrem, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan mengimbau kepada masyarakat untuk selalu mewaspadai segala hal yang kemungkinan bisa saja terjadi dan untuk tidak panik.

Kepada TerasJatim.com, Kepala Pelaksana BPBD Pacitan, Didik Alih Wibowo meminta kepada masyarakat khususnya di Pacitan untuk selalu waspada dan mempelajari mitigasi atau upaya untuk mengurangi risiko bencana yang dapat terjadi kapan saja, sehingga masyarakat mengetahui apa yang harus dilakukan saat berada dimanapun.

“Kalau sudah memiliki pemahaman mitigasi itu, tinggal menempatkan diri saja. Saya ada dimana ? dan harus berbuat apa, sehingga ujungnya tidak ada korban,” ujarnya melalui keterangan tertulisnya, Jumat (01/11/19).

Saat peralihan musim, kata Didik, fenomena cuaca seperti angin kencang, hujan tidak merata hingga hujan lebat disertai petir, sering kali terjadi. Mengingat geografis Pacitan yang berbukit dan banyak masyarakat yang tinggal di lereng pegunungan, pihaknya juga mengimbau untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana longsor dan banjir. Terlebih, jika terjadi hujan deras dengan durasi panjang.

“Ketika terjadi hujan deras lebih dari satu jam, kita imbau kepada masyarakat baik yang tinggal di dekat tebing pegunungan maupun yang tinggal dekat sungai, tingkatkan kewaspadaan akan kemungkinan terjadinya tanah longsor maupun banjir, dan segeralah pindah tempat,” pungkasnya, sembari menambahkan jika meninggalkan rumah, pastikan listrik dalam keadaan mati. (Git/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim