Mengenang Eyang Singonoyo, Desa Sukorejo Bojonegoro Rutin Gelar Haul

Mengenang Eyang Singonoyo, Desa Sukorejo Bojonegoro Rutin Gelar Haul

TerasJatim.com, Bojonegoro – Pemerintah Desa (Pemdes) Sukorejo, Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro Jatim menggelar haul Eyang Singonoyo, yang berlangsung mulai Tanggal 11 sampai tanggal 19 Oktober 2019. Kegiatan dipusatkan di pertigaan makam kembar Eyang Singonoyo Jalan Brigjend Sutoyo desa setempat.

Kasi Pelayanan Desa Sukorejo Masruhan, menyampaikan haul Eyang Singonoyo ini sudah menjadi tradisi warga untuk mengenang cikal bakal Desa Sukorejo. Menurutnya, Eyang Singonoyo adalah salah satu murid Sunan Gunung Jati.

Lebih lanjut, kata Masruhan, dalam pengembaraan menyebarkan Agama Islam di Jawa, Eyang Singonoyo yang bernama asli Raden Subkhan alias Raden Mas Ngadi Joyo Kusumo ini mendapat tanah dari bupati pertama di Bojonegoro, yakni Pengeran Mas Tumapel.

“Jadi Eyang Singonoyo itu mendapat hadiah tanah dari bupati pertama yang kemudian menjadi cikal bakal bumi Desa Sukorejo ini,” jelasnya.

Selain bazar dan jalan santai yang akan diikuti warga Sukorejo juga ada tampilan seni bela diri asli Sukorejo yaitu pencak silat RASA serta seni tanjedor. Khusus pencak RASA atau Rukun Angudhi Santosoneng Anggo adalah peninggalan Eyang Singonoyo yang terus dilestarikan.

Sesuai literatur yang ada, pencak silat RASA ini dikembangkan oleh keturunan Eyang Singonoyo dari alm Achmadi kemudian alm Sulaiman dan sekarang diteruskan Moch. Sholikin.

“Pencak RASA ini berdiri tahun 1948 hingga sekarang dan berkembang sampai luar daerah bahkan sampai keluar pulau Jawa,” pungkas dia. (Saiq/RedTJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim