“Juleha” Segera di Sertifikasi

“Juleha” Segera di Sertifikasi

TerasJatim.com, Malang – Dinas Pertanian (Disperta) Kota Malang berencana menyelenggarakan program sertifikasi bagi para penyembelih hewan, baik kambing, sapi atau unggas. Hal ini digagas, karena banyak peraturan yang harus dipatuhi penyembelih hewan kurban.

“Tahun depan para penyembelih akan kami sertifikasi, ini kami sebut Juleha (juru sembelih hewan),” kata Kepala Disparta Kota Malang Hadi Santoso,

Sembari tersenyum ditambahkannya. “Sertifikasi ini dilakukan agar konsumen merasa lebih aman bila mengkonsumsi daging hewan tersebut. Tujuan kami yang utama memang membuat masyarakat aman dalam mengkonsumsi daging. Ini akan kami laksanakan pada tahun depan,” lanjut Hadi Santoso. Ia mengatakan program sertifikasi bagi Juleha akan melibatkan banyak pihak, termasuk takmir masjid maupun pengusaha di bidang kuliner yang berkaitan dengan hewan. Selian itu, program sertifikasi hewan kurban ini juga melibatkan penyedia jasa aqiqah.

Adapun Juleha sendiri, lanjut Hadi, mempertimbangkan faktor halal dalam menyembelih. Selain itu faktor kesehatan hewan juga diperhatikan, sehingga daging hasil sembelihan Juleha ini aman dikonsumsi masyarakat. Dikatakannya, untuk melancarkan program ini, Disperta akan berkoordinasi dengan Walikota. Sertifikat Juleha itu nantinya juga menyasar para penyembelih di Rumah Potong Hewan (RPH), agar kualitas penyembelihan hewan semakin meningkat.

“Sebelum mendapat sertifikat, mereka akan mendapatkan pelatihan profesional mulai dari dasar teknik penyembelihan, dan mental para penyembelih. Kami akan melibatkan MUI (Majelis Ulama Indonesia) dalam pelatihan nanti,” tandasnya. Sebab tingkat kehati-hatian dalam menyembelih hewan menjadi sangat penting. Selain itu, tata cara yang berhubungan dengan syariat agama, juga berkaitan dengan kualitas daging yang dihasilkan.” Ada akibat-akibat tertentu bila salah potong. Jagal sekarang terkadang kurang memperhatikan hal hal kecil semacam ini”, pungkasnya. (dim/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim