Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Ini Jenis dan Nama Kerupuk Yang Paling Disukai di Tanah Air

Ini Jenis dan Nama Kerupuk Yang Paling Disukai di Tanah Air

TerasJatim.com, Surabaya – Kerupuk bagi masyarakat Indonesia sudah jadi bagian penting dalam menu sehari-hari. Walau statusnya hanya makanan pelengkap, namun jika tak ada kerupuk, maka seperti terasa kurang sedap saat mengonsumsi suatu hidangan.

Sensasi kriuk dan ramainya saat dikunyah membuat kerupuk sudah menjadi budaya dalam kuliner Indonesia yang beragam.

Ada 4 jenis kerupuk yang paling populer dan mudah dijumpai di mana saja.

Berikut ini keempat jenis kerupuk yang bisa jadi salah satunya adalah kesukaan Anda:

Kerupuk uyel/putih

Ini kerupuk yang paling mudah dijumpai dan banyak penjualnya. Wadah khas kerupuk ini adalah kaleng besar berwarna biru dengan kaca di bagian depan. Bentuknya bulat dengan ulir keriting dan ukurannya besar. Rasanya gurih dan renyah sekali, serta harganya murah meriah.

Kemplang

Kemplang adalah nama kerupuk khas Palembang, berbentuk bulat tebal berwarna putih. Bahan pembuatnya adalah ikan serta kanji. Rasanya gurih, renyah dan pas dimakan bersama nasi dan lauk pauk atau dikonsumsi sebagai camilan saja.

Rambak

Jenis kerupuk ini banyak dijumpai di Jawa Tengah dan Jawa Timur, terbuat dari kulit sapi. Rasanya gurih, renyah dan bercita rasa khas. Proses pembuatannya agak lama sehingga harganya lebih mahal dibanding kerupuk lain.

Kerupuk udang

Kerupuk udang biasanya dihidangkan saat ada acara resmi atau kenduri dan pesta. Walau begitu bukan larangan juga menyediakan kerupuk udang sebagai hidangan sehari-hari. Bahan utama pembuatnya adalah udang kecil, sehingga rasanya menjadi gurih. Biasanya sentra pembuat kerupuk ini adalah di daerah pesisir semisal Sidoarjo. (Is/Kta/Red/TJ/Sidomi)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim