Aparat Gabungan Perketat Pengawasan Kendaraan Mudik di Wilayah Babat Lamongan

Aparat Gabungan Perketat Pengawasan Kendaraan Mudik di Wilayah Babat Lamongan

TerasJatim.com, Lamongan – Petugas gabungan dari Kepolisian, TNI dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lamongan, terus memperketat pengawasan terhadap sejumlah kendaraan umum yang disinyalir tengah melakukan perjalanan mudik.

Pengawasan tersebut salah satunya dipusatkan di Kecamatan Babat, tepatnya di Pos Pengamanan (Pos Pam) Check Point, Rowo Semando. Petugas menggelar razia, seiring dengan kebijakan pemerintah pusat terkait larangan mudik lebaran di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).

Kepala Pospam Check Point, Rowo Semando, Ipda Ngadimin, menjelaskan, razia dilakukan secara rutin dengan menghentikan kendaraan roda 4 dan memeriksa kelengkapan pengemudi, sekaligus penumpang serta surat-surat kendaraannya. Hal itu dimaksudkan agar diketahui asal dan tujuan perjalanan yang akan ditempuh.

“Operasi ini kita lakukan secara rutin setiap pukul 9 malam di pos chek point terutama untuk kendaraan roda 4 yang melintas dari arah Surabaya,” katanya kepada TerasJatim.com, saat berada di lokasi razia, Jumat (01/05/20) malam.

“Kita akan periksa. Kalau memang tujuannya mudik, terpaksa harus kita kembalikan. Tapi kalau gak mau, tetap kita catat dan kita mutasikan,” lanjutnya.

Selain ingin memastikan tujuannya, petugas juga memberikan peringatan kepada seluruh pengendara kendaraan bermotor sekaligus penumpangnya agar tetap mengenakan masker meskipun sedang berkendara. “Mari kita jaga diri kita ini dari penyebaran virus Corona dengan tetap menggunakan masker saat berkendara,” tandasnya.

Pantauan TerasJatim.com di lapangan, razia yang digelar oleh petugas gabungan dari Polres Lamongan, Kodim 0812/Lamongan serta dari Dinas Perhubungan setempat malam itu, juga melakukan pemeriksaan terhadap suhu tubuh pengemudi dan penumpang kendaraan yang dilakukan oleh tim kesehatan.

Sementara dari hasil operasi malam itu, petugas belum menemukan pengemudi ataupun penumpang kendaraan yang hendak melangsungkan rencananya untuk mudik lebaran. (Def/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim