Jubir TGTPP Covid-19 Lamongan: Hasil Lab ITD Unair, 12 Orang Positif Corona

Jubir TGTPP Covid-19 Lamongan: Hasil Lab ITD Unair, 12 Orang Positif Corona

TerasJatim.com, Lamongan – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (TGTPP) Covid-19 Kabupaten Lamongan kembali menggelar jumpa pers terkait perkembangan penyebaran virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Lamongan, Kamis (02/04/20).

Kepala Dinas Kesehatan Lamongan yang juga merangkap sebagai juru bicara TGTPP Covid-19, Taufik Hidayat, menjelaskan, dari hasil Lab Institute of Tropical Disiase (ITD) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, saat ini jumlah warga Lamongan yang diduga positif Corona sebanyak 12 orang. Jumlah itu terdiri dari warga yang ada di sejumlah kecamatan di Kabupaten Lamongan.

“Agar diperhatikan, bahwa 12 orang ini dinyatakan positif dari hasil lab ITD Unair,” ungkap Taufik, di depan awak media, di Covid Center Lamongan (CCL), Kamis, (02/04/20).

“Jumlah itu terdiri dari warga yang ada di beberapa kecamatan, yakni Kecamatan Lamongan, Kecamatan Deket, Kecamatan Sukodadi, Kecamatan Paciran, Kecamatan Maduran, Kecamatan Turi, Kecamatan Karanggeneng, dan 3 lainnya dari Gresik dan Bojonegoro,” tambahnya.

Taufik menegaskan, jika hasil positif yang lebih akurat masih menunggu hasil lab (Swab PCR) dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Jakarta.

Meski demikian, pihaknya tetap mengimbau agar masyarakat terus melakukan upaya pencegahan dengan memutus mata rantai Covid-19 sesuai anjuran pemerintah.

“Karena sudah banyak penyebaran di kecamatan, maka kami mengimbau agar terus perhatikan kerumunan, menjaga jarak, pakai masker, sosial dan pysical distancing, dan kalau memang harus untuk melindungi masyarakat, ibadah di rumah dan belajar dari rumah,” pintanya.

Berdasarkan data dari TGTPP Lamongan, jumlah yang diajukan untuk Swab PCR di ITD Universitas Airlangga dan Balitbangkes sebanyak 30 orang. Dari hasil lab ITD Universitas Airlangga, menunjukkan jumlah positif sebanyak 12 orang, negatif 11 orang, dan menunggu hasil sebanyak 7 orang.

Sementara hasil Swab PCR pusat, jumlah positif tidak ada, negatif 1 orang, dan menunggu hasil sebanyak 29 orang. “Kita tunggu hasilnya, semoga ada hasil yang baik,” pungkas Taufik. (Def/Kta/Red/TJ)

Baca juga: https://www.terasjatim.com/hasil-rapid-test-unair-9-warga-lamongan-positif-corona/

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim