Aksi Gerakan Tanam Pohon di Ruas Jalan Nasional di Wilayah Kediri

Aksi Gerakan Tanam Pohon di Ruas Jalan Nasional di Wilayah Kediri
Aksi gerakan tanam bibit pohon mahoni di ruas jalan provinsi dan nasional di wilayah Kediri (Senin, 11/01)

TerasJatim.com, Kediri – Ribuan bibit pohon mahoni ditanam di ruas-ruas jalan provinsi dan nasional di wilayah kota dan kabupaten Kediri. Aksi gerakan penanaman pohon ini dilakukan di lokasi yang memang benar-benar masih kosong pepohonan atau kurang banyaknya pepohonan.

“Tebalnya pohon-pohon di sekitar kita, setidaknya dapat menghalangi sinar matahari langsung menyentuh kulit anda. Selain itu udara segar yang dirasakan oleh kita yang ada di sekitarnya, juga akibat dari banyaknya pohon-pohon yang tumbuh,” jelas Kasdim Kediri Mayor Arh Trijaka Ruhiyatna, saat turun melakukan aksi tanam pohon di seputaran Kota dan Kabupaten Kediri.

“Gerakan Penanaman Serentak. di ruas kanan kiri jalan provinsi dan nasional se Kota dan Kabupaten Kediri ini, diselenggarakan oleh Kodim 0809/Kediri, Senin (11/01).

11 jan PENGHIJAUAN (2)

Menurut penelitian, saat ini kandungan oksigen yang terkandung di dalam udara yang hisap rata-rata hanya sekitar 23%. Sisanya terdiri dari gas-gas lain yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan gas O2 tersebut, akan menebal di daerah dimana pepohonan tumbuh karena pohon menghasilkan oksigen dalam proses metabolismenya. Sebuah pohon dewasa, menghisap karbondioksida sebanyak kira-kira 24 kilogram setiap tahun.

Sebagai pengganti, pohon ini akan mengeluarkan oksigen cukup untuk dihisap 2 orang dewasa selama setahun penuh. Dalam setahun sebuah pohon kira-kira menghasilkan oksigen sekitar 130 kilogram.

“Titik fokus kita saat ini (gerakan penghijauan), ialah penanaman pohon di sepanjang ruas jalan yang cenderung kosong tanpa pepohonan dan kurang banyaknya pepohonan, ke depan kita akan lebih fokuskan ke areal pemukiman warga,” pungkas Mayor Arh Trijaka Ruhiyatna. (Delta Tujuh untuk TerasJatim.com)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim