Eksotisnya Pantai Kutang di Lamongan

Eksotisnya Pantai Kutang di Lamongan
Seorang pengunjung sedang menikmati ayunan di Pantai Kutang

TerasJatim.com, Lamongan – Bagi masyarakat Jawa pada umumnya, nama “Kutang” identik dengan pakaian dalam wanita. Namun, di Lamongan, ada pantai yang dikenal oleh warga sekitar dengan sebutan pantai Kutang.

Pantai Kutang adalah sebuah pantai di pesisir laut Jawa, tepatnya di Lamongan yang menyimpan keindahan alam yang cukup mempesona. Rindangnya tanaman mangrove menjadikan tempat ini sangat cocok digunakan untuk menikmati suasana pantai yang adem dan teduh.

P‎antai yang belum banyak dikenal masyarakat ini, berada di Desa Labuhan, Kecamatan Brondong. Untuk sampai ke pantai inipun membutuhkan setidaknya 2 jam perjalanan dari pusat Kota lamongan menuju arah pantura. ‎ Dan untuk meikmati pantai ini, pengunjung harus berjalan kaki sejauh lebih kurang 100 meter dari lokasi parkir kendaraan di pinggir jalan.

Salah seorang pengunjung Pantai Kutang, Nuning Rahma, mengaku, jika dirinya sering berkunjung ke Pantai Kutang ini, karena tempat ini memiliki keindahan tersendiri jika dibanding dengan pantai yang lain. ‎Pantai yang berada di pesisir utara Jawa ini, menurut Rahma, memiliki pasir yang berwarna putih, pohon mangrove yang rimbun, serta aliran sungai kecil yang bermuara langsung ke laut.

“Rimbunnya mangrove dan pasirnya yang putih membuat betah untuk berlama-lama di pantai ini,” akunya saat ditemui oleh TerasJatim.com di lokasi pantai.‎

Awalnya, Rahma mengaku kalau dirinya penasaran dengan nama pantai ini yang sangat unik, yaitu “Pantai Kutang”. Dengan berbekal pengetahuan yang ia dapat di media sosial dan penelusuran di Internet, Rahma yang warga Lamongan kota inipun memberanikan diri untuk berkunjung ke pantai ini. Rahma  bahkan mengaku sempat bertanya-tanya kepada warga mengenai lokasi pantai yang namanya terdengar unik ini.

“Tahu dari teman dan dari blog terus tanya-tanya ke teman-teman dan akhirnya nekad ke sini dan akhirnya sampai,” jelasnya.

Tak hanya warga Lamongan saja yang berkunjung ke pantai ini, namun warga dari sekitar Lamongan, seperti Gresik, Tuban dan Surabaya pun rela meluangkan waktunya untuk menikmati keindahan pantai yang satu ini. Kebanyakan, warga penasaran dengan pantai ini karena sedang heboh di media sosial.

Selain memiliki pemandangan yang masih alami, pantai ini juga memiliki eksotisme pasir putih dan kerimbunan pohon mangrove. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat bermain ayunan yang telah tersedia di akar-akar pohon mangrove sambil bermain air.

Sementara itu, menurut salah satu pengunjung lain, Sapoetra, mengaku rela bersepeda motor selama 2 jam dari kota Lamongan ke Desa Labuhan di Kecamatan Brondong ini hanya untuk memenuhi hasrat penasarannya. Sapoetra mengaku, awalnya dia memang penasaran dengan nama pantai ini namun setelah berada di pantai Kutang, dirinya mengaku betah karena rimbunnya mangrove dan putihnya pasir pantai Kutang.

“Awalnya penasaran dan akhirnya jadi betah di sini,” aku Putra, sapaan akrab Sapoetra.

Mengapa pantai ini dinamakan “Pantai Kutang” ? Karena pada awalnya, di sepanjang pantai ini warga selalu menemukan bra atau yang dalam bahasa jawa disebut Kutang yang berserakan di pantai ini. Dari berserakannya pakaian dalam wanita di pantai inilah, akhirnya nama pantai di pesisir Lamongan ini dikenal oleh warga dengan sebutan “Pantai Kutang”. ‎(Crus/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim