Modus Untuk Acara Lebaran, Puluhan Mobil Rental di Kediri Digelapkan

Modus Untuk Acara Lebaran, Puluhan Mobil Rental di Kediri Digelapkan

TerasJatim.com, Kediri – Kasus penggelapan mobil rental di Kota Kediri pada saat bulan puasa dan lebaran kemarin, ternyata cukup banyak. Hal ini terungkap setelah mobil yang dilarikan oleh penyewa mencapai puluhan, dengan modus operandi yang hampir sama yakni untuk berlebaran.

Saat ini petugas Polresta Kediri berhasil menemukan empat mobil dan mengejar para pelaku penggelapan.

Sesuai catatan kepolisian, terdapat 42 unit kendaraan roda empat mulai bulan ramadhan hingga lebaran yang hilang karena penggelapan. Kondisi ini karena banyak pemilik mobil yang tergiur mengais rejeki dengan cara menyewakan kendaraan mereka kepada jasa rental.

Mereka berharap kendaraan itu bisa disewakan kepada orang lain, mengingat permintaan jasa penyewaan kendaraan biasanya meningkat selama lebaran. Rata-rata para penyewa berdalih ingin menggunakan kendaraan tersebut untuk bersilaturahmi dengan kerabat di bulan suci dan hari raya.

Kapolresta Kediri AKBP Anthon Haryadi mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan tim untuk memburu keberadaan puluhan mobil yang digelapkan oleh pelaku. Sejauh ini sudah ada beberapa yang ditemukan, namun sebagian besar masih dalam proses pencarian.

“Sementara sudah ada empat korban yang melapor. Kini kami masih meminta keterangan ke sejumlah saksi,” ujarnya.

Kapolresta menambahkan, dari hasil penyelidikan kepolisian, pihaknya menemukan indikasi bahwa pelaku penggelapan kendaraan rental ini adalah sindikat.

Mereka mengincar kendaraan rental untuk disewa dan dilarikan setelah mencopoti semua peralatan GPS. Akibatnya pemilik kendaraan tak lagi bisa melacak keberadaan kendaraan mereka.

Banyaknya kasus penggelapan mobil ini membuat para pemilik jasa rentalan mobil ketar-ketir.  Tak sedikit dari mereka yang kini memperketat proses peminjaman dengan berbagai syarat, salah satunya tak akan pernah melepas kunci kepada orang yang tidak dikenal. (Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim