Temuan Gunung Bawah Laut di Pacitan, Tingginya Sudah 2.300 meter

Temuan Gunung Bawah Laut di Pacitan, Tingginya Sudah 2.300 meter

TerasJatim.com, Pacitan – Badan Informasi Geospasial (BIG), menemukan gunung bawah laut di kawasan perairan Pacitan, Jatim. Gunung baru itu diperkirakan tingginya sudah mencapai 2.300 meter.

Letak gunung itu berada sekitar 200 kilometer di Barat Daya Pacitan. “Tidak di zona eksklusif. Masih di dalam Indonesia. Kalau ditarik lurus, paling dekat Pacitan,” kata Indrata Nur Bayuaji, Bupati Pacitan, di sela-sela sambutan Hari Pers Nasional, di Balai Wartawan, Kamis (09/02/2023) lalu.

“Tingginya sekitar 2.300an meter,” sambung dia.

Dari apa yang disampaikan pihak BIG kepada pemkab setempat, setelah proses survei dan pemetaan, munculnya gunung bawah laut itu berdasarkan fenomena tumbukan lempeng Indo-Australia, di Samudera Hindia.

Pemkab Pacitan, lanjut bupati, juga diminta untuk memberikan nama pada gunung baru itu. Namun, hingga saat ini penyematan nama itu masih belum didapat. “Namanya masih dipikirkan. Yang jelas bukan nama orang, bukan Aji, bukan Sastro. Semua masih memikirkan namanya,” katanya.

“Mudah-mudahan temuan gunung ini adalah kabar baik dan bukan menjadi suatu ancaman. Tapi menjadikan berkah bagi Kabupaten Pacitan, Jawa dan Indonesia,” tukasnya. (Git/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim