Stasiun Kediri Layani Rapid Test Antigen Bagi Calon Penumpang KA

Stasiun Kediri Layani Rapid Test Antigen Bagi Calon Penumpang KA

TerasJatim.com, Kediri – Memasuki libur akhir tahun, Stasiun Kediri mulai membuka pelayanan Rapid Test Antigen. Hal tersebut diberlakukan bagi calon penumpang kereta api dengan tarip Rp 105.000 per orang.

Upaya ini diberlakukan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) mulai 22 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021, dimana aturan bagi penumpang KA Jarak Jauh di Pulau Jawa diharuskan untuk menunjukkan hasil Rapid Test Antigen yang negatif sebagai syarat untuk bisa menggunakan transportasi Kereta Api.

Aturan tersebut sebagai bentuk kepatuhan PT. KAI terhadap SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor: 3 Tahun 2020, tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam masa pandemi Covid-19, serta SE Kemenhub Nomor: 23 Tahun 2020, tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian Selama Masa Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 dalam masa pandemi Covid-19.

“Untuk memudahkan pelanggan yang akan naik KA, mulai hari ini di Stasiun kediri telah kita sediakan pelayanan Rapid Tes Antigen. Sebelum pelaksanaan rapid antigen, calon penumpang wajib memiliki tiket KA jarak jauh atau menengah,” ungkap Manager Humas KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko, dalam keterangan pers, Jumat (25/12/20).

Ixfan menjelaskan, fasilitas Rapid Test Antigen di Stasiun Kediri dilayani mulai pukul 07.00 – 19.00 WIB setiap hari dengan biaya Rp 105.000. Layanan ini merupakan kolaborasi antara PT. KAI (Persero) dengan PT. JASA PRIMA.

“Hal ini merupakan alternatif yang dihadirkan KAI untuk memudahkan calon pelanggan yang akan naik KA. Di samping itu merupakan wujud komitmen KAI dalam menerapkan protokol kesehatan yang ketat guna memberi kenyamanan kepada pelanggan setia KA,” kata Ixfan.

Ixfan menambahkan, lantaran proses rapid test antigen ini memakan waktu kurang lebih 30 menit, dan untuk menghindari kerumunan, diimbau bagi calon penumpang yang akan melakukan rapid test, agar dilakukan H-1 sebelum keberangkatan. Selain itu juga untuk mengantisipasi antrian yang dikhawatirkan akan membuat pelanggan tertinggal dari kereta yang seharusnya dia naiki.

“Kami harap ini bisa menjadi solusi bagi pelanggan KA jarak jauh untuk memenuhi syarat naik KA dengan mudah dan murah, sehingga pelanggan dapat aman dan nyaman dalam bepergian menggunakan KA. Dengan demikian tujuan untuk menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang sehat, selamat, aman dan nyaman sampai tujuan dapat tercapai,” sambung Ixfan.

Bagi calon penumpang yang ingin mendapatkan informasi dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 021-121 atau WhatsApp KAI121 di 0811 1211 1121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121. (Kta/Red/TJ/KBRN)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim