Peserta Vaksin Membludak Hingga Langgar Prokes, Wabup Sidoarjo Tegur Kepala Puskesmas

Peserta Vaksin Membludak Hingga Langgar Prokes, Wabup Sidoarjo Tegur Kepala Puskesmas

TerasJatim.com, Sidoarjo – Dengan digelarnya program vaksinasi gratis, antusias masyarakat terus meningkat. Tak jarang kondisi ini menimbulkan kerumunan dan terkadang lupa menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Pemandangan ini seperti yang terlihat di Puskesmas Sidoarjo Kota saat program vaksinasi bagi lansia, pada Kamis (01/4/2021).

Mendengar ada kerumunan warga di Puskesmas Kota, Wakil Bupati Sidoarjo Subandi, langsung turun ke lokasi. Di tempat itu dia meminta agar sebagian warga yang belum mendapat pelayanan untuk kembali pulang dan menunggu giliran.

“Kami minta pada warga yang belum mendaftar untuk pulang. Sedangkan yang sudah mendaftar tetap dilayani,” pintanya kepada warga.

Didampingi Kadinkes Sidoarjo Syaf Satriawarman, Wabup memanggil dan menegur Kepala Puskesmas Sidoarjo Kota, Hinu Tri Sulistijorini, untuk dimintai penjelasan apa penyebab membludaknya warga yang ingin divaksin.

Wabup menilai, apa yang terjadi di Puskesmas Kota merupakan kesalahan teknis. Bahkan, sebelumnya pihak puskesmas tidak berkoordinasi dengan dinas kesehatan terlebih dahulu.

“Kalau tidak ada koordinasi, akibatnya seperti ini. Warga saling berdesakan, saat mendaftar nomor antrian,” ungkapnya.

Lebih jauh, Wabup menjelaskan, untuk pelaksanaan pendaftaran secara teknis bisa dilakukan di masing-masing desa. Sehingga, terorganisir dengan baik. Kemudian, puskesmas mendata ulang dan disesuaikan kuota yang mampu untuk dilayani.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Untuk meng-cover semua, proses vaksinasi lansia bisa dilakukan di kantor desa masing-masing ,” pungkasnya. (Den/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim