Libur Panjang Telah Usai, Hari Ini Puncak Arus Balik

Libur Panjang Telah Usai, Hari Ini Puncak Arus Balik

TerasJatim.com, Jakarta, Surabaya – Besuk, Senin, (09/05), aktifitas akan kembali berjalan normal. Hari ini adalah hari terakhir libur panjang selama empat hari dalam rangka peringatan Kenaikan Isa Almasih dan Isra Miraj yang menyambung akhir pekan.

Menurut Kepala Terminal Kampung Rambutan, Emiral August, puncak kedatangan warga Ibu Kota dan sekitarnya terjadi sejak kemarin sore hingga hari ini (08/05).

Emiral mengatakan, selama puncak keberangkatan itu, tercatat kenaikan penumpang mencapai 400 persen. Ia menyebut, jumlah bus yang akan masuk ke Terminal Kampung Rambutan akan mengalami peningkatan drastis di puncak kedatangan. Bahkan, menurut dia, jumlah bisa sampai puluhan ribu bus.

Guna mengantisipasi lonjakan warga yang kembali ke Jakarta, ia mengaku sudah menyiagakan lebih banyak bus angkutan malam hari (amari). Selain itu, ia merasa kemacetan tak akan terjadi meski puluhan ribu bus menurunkan penumpang di Terminal Kampung Rambutan.

Sementara itu, dari Surabaya dilaporkan, puncak arus balik penumpang di Bandara Internasional Juanda Surabaya diprediksi juga akan terjadi pada hari ini.

Menurut  Liza Anindya, Satf Humas Angkasa Pura I Cabang Juanda, hari ini jumlah penumpang diprediksi mencapai 28 ribu untuk kedatangan domestik. Untuk keberangkatan domestik sebesar 28 ribu orang. Sedangkan yang melakukan penerbangan terusan sebanyak 2.500 orang. Total hari ini jumlah penumpang dari penerbangan domestik di Bandara Juanda mencapai 58.500 orang.

Adapun penerbangan internasional hari ini jumlah penumpangnya masing-masing 2.600 untuk kedatangan dan keberangkatan. “Jadi, kalau ditotal, jumlah penumpangnya 63.700,” ujarnya.

Saat libur panjang selama empat hari ini, jumlah penumpang meningkat 18 persen dibanding hari biasa yang hanya mencapai 53.430 orang. (Her/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim