Yudi Sumbogo: Pelabuhan Niaga Dongkrak Kemajuan Pacitan

Yudi Sumbogo: Pelabuhan Niaga Dongkrak Kemajuan Pacitan

TerasJatim.com, Pacitan – Berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, wilayah Kabupaten Pacitan Jatim memiliki sederet pantai yang beberapa diantaranya masih perlu sentuhan tangan dan masih natural akan keindahannya.

Sehingga, untuk mendongkrak kemajuan pembangunan khususnya di pesisir selatan, kota yang memiliki sebutan ‘wengker kidul’ ini harus memiliki pelabuhan niaga.

Menurut Calon Bupati Pacitan, Yudi Sumbogo, jika Pacitan memiliki pelabuhan niaga maka dipastikan akan semakin ramai, berkembang dan kesejahteraan masyarakat tentunya akan meningkat pesat.

“Akan banyak orang yang datang ke Pacitan. Selain berniaga, juga bisa berwisata di sini, menikmati suasana alam yang indah, mencicipi kuliner yang khas juga keramahan masyarakat Pacitan akan menyambut mereka. Untuk itu, pembangunan pelabuhan niaga akan menjadi prioritas Mbois, dalam memajukan Pacitan,” terang Yudi Sumbogo, Selasa (15/09/20).

Yudi mengatakan, sebelumnya proyek pelabuhan niaga di Teluk Gelon, Desa Kembang, Pacitan itu, merupakan salah satu diantara 80 proyek pembangunan pelabuhan yang mangkrak pengerjaannya karena beberapa sebab.

“Proyek pembangunan pelabuhan niaga itu akan dimaksimalkan, sehingga kita memiliki akses pintu masuk melalui laut. Ini seiring dengan program Tol Laut yang dicanangkan oleh Presiden. Selama ini setiap dua minggu ada kapal besar yang lewat di laut Pacitan, namun tidak bisa singgah karena pelabuhan kita belum siap,” katanya.

Ia menerangkan bahwa dalam proyek tersebut, Pemkab Pacitan sudah menyiapkan lahan sekitar 10 hektare yang berlokasi di sebelah timur Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pacitan. “Lahan sudah siap dan akan kita kebut pembangunannya,” terangnya.

Dengan adanya pelabuhan niaga tersebut, Yudi meyakini akan mendongkrak kemajuan pembangunan Pacitan. Sebab selama ini sumber daya mineral di Pacitan tidak dapat diolah dan dimanfaatkan karena terkendala masalah distribusi atau pengiriman.

“Selain itu, dengan adanya pelabuhan niaga akan mendorong investor mendirikan pabrik di Pacitan, sehingga akan banyak menyerap tenaga kerja dan akan mengikis pengangguran dan ini akan menunjang kemajuan perekonomian. Pembangunan Pelabuhan Niaga akan kita maksimalkan jika Mbois menang dalam Pilbup Pacitan 2020,” tukasnya. (Git/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim