Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Warga Desa Antusias Ikuti Sosialisasi Yang Dilakukan BPJS Ketenagakerjaan Pacitan

Warga Desa Antusias Ikuti Sosialisasi Yang Dilakukan BPJS Ketenagakerjaan Pacitan

TerasJatim.com, Pacitan – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan melalui Kantor Cabang Pacitan kembali memberikan sosialisasi kepada masyarakat di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jatim.

Beberapa dusun di Desa Bomo pada sebelumnya telah dilakukan sosialisasi dan edukasi, baik terkait manfaatnya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan maupun progam-progam yang ditawarkan oleh BPJS TK, seperti Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Kematian (JKM). Terlebih, dalam mewujudkan desa sadar akan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Sehingga, sosialisasi tersebut kembali dilakukan, yakni di Dusun Nanas, Desa Bomo pada 26 September 2019 dan di Dusun Jambu pada 29 September 2019 lalu, yang dipusatkan di rumah kasun dan rumah salah satu warga setempat. Bahkan, juga dilakukan pada malam hari mulai pukul 19.30 WIB sampai selesai.

“Semua pekerja di Indonesia wajib menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, baik pekerja di sektor formal maupun non-formal. BPJS Ketenagakerjaan menyediakan program-program perlindungan dasar yang dapat menjamin masa depan seorang pekerja,” kata Binti Kristanti, Kepala Cabang BPJS TK Pacitan saat ditemui TerasJatim.com di ruang kerjanya, Selasa (08/10/19) siang.

Binti menjelaskan, progam perlindungan BPJS TK ini merupakan solusi atas risiko yang mungkin terjadi ketika bekerja, misalnya sakit, terjadi kecelakaan kerja, pemutusan hubungan kerja, pensiun, kematian, dan sebagainya.

Untuk menjadi peserta, lanjutnya, hanya dengan membayar iuran Rp.16.800 perbulan untuk JKK dan JKM. Dan dengan Rp.36.800 perbulan, peserta sudah tercover JKK, JKM dan JHT.

“Dengan terdaftarnya sebagai peserta BPJS TK, seorang pekerja tidak lagi menanggung beban sendiri atas risiko kerja tersebut, tetapi akan dibantu dengan program-program BPJS Ketenagakerjaan. Untuk itu, bagi yang belum mendaftar untuk segera mendaftar menjadi peserta, agar dapat merasakan manfaatnya,” pungkasnya. (Git/Red/TJ/Adv)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim