Usai Jumatan, PP Attanwir Gelar Pengajian dan Tahlil Akbar

Usai Jumatan, PP Attanwir Gelar Pengajian dan Tahlil Akbar

TerasJatim.com, Bojonegoro – Hari ini, Jumat (09/10) Pondok Pesantren (PP) Attanwir, Talun, Sumberejo, Bojonegoro, bakal menggelar pengajian dan tahlil akbar dalam rangka peringatan Haul Almaghfurlah pendiri pesantren, KH Moh Sholeh, yang ke 23. Seperti tahun-tahun sebelumnya, diperkirakan ribuan santri dan alumni akan memadati lokasi pesantren tersebut.

Setidaknya hal itu sudah terlihat sejak Kamis (8/10) malam. Para santri dan alumni pesantren yang berada di luar Bojonegoro, mulai berdatangan di komplek pesantren. Walaupun puncak acara haul baru dimulai selepas Sholat Jumat siang ini, mereka sengaja datang lebih awal dikarenakan akan mengikuti prosesi tahlil dan ziarah di makam Sang Kyai pendiri pesantren.

“Peringatan haul Mbah Sholeh setiap tahunnya selalu ramai. Ribuan orang yang hadir, baik alumni, wali santri maupun jamaah-jamaah pengajian lain, baik dari Bojonegoro sendiri maupun luar (Bojonegoro),” ujar salah satu santri pengurus pondok. Saking banyaknya yang hadir, lanjutnya, biasanya para hadirin sampai tumpah di jalan-jalan kampung di luar komplek pondok pesantren hingga ke jalan raya . Tentu saja, hal itu akan menimbulkan tersendatnya arus lalu lintas. “Tapi ra po-po, segala persiapan terkait itu sudah kami kordinasikan dengan pihak kepolisian dan aparat terkait lainnya,” imbuhnya.

Sementara itu, dengan digelarnya peringatan haul pendiri PP Attanwir ini tentu saja merupakan berkah tersendiri bagi para pedagang makanan dan minuman. Terlihat, para pedagang dadakan itu telah menyiapkan tenda-tenda seadanya tempat mereka menjajakan dagangannya. (Saiq/JT)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim