Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Unggah Ujaran Provokatif di Medsos, Seorang Pilot Ditangkap di Surabaya

Unggah Ujaran Provokatif di Medsos, Seorang Pilot Ditangkap di Surabaya

TerasJatim.com – Lantaran menyebarkan unggahan yang bermuatan ujaran kebencian (hate speech) melalui akun facebooknya, IR, pria yang berprofesi sebagai pilot salah satu maskapai penerbangan nasional ini, harus berurusan dengan aparat kepolisian.

Ia ditangkap petugas Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Mettro Jakarta Barat di sebuah tempat di Surabaya Jatim, pada Sabtu (18/05/19) kemarin.

IR yang merupakan pilot lulusan sekolah penerbangan di Australia ini, mengunggah pesan yang yang mengandung teror, hasutan dan menakutkan.

Salah satu pesan yang disebarkan melalui akun facebooknya itu yakni menghasut masyarakat untuk melakukan perlawanan pada 22 Mei 2019 saat pengumumam resmi hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Salah satu unggahan IR di akun Facebook miliknya

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat AKBP Edy Suranta Sitepu membenarkan penangkapan tersebut. “Benar kami telah menangkap seorang pilot yang menyebarkan ujaran kebencian di media sosial, dan melanggar UU ITE, saat ini masih kami dalami motif pelaku menyebarkan ujaran kebencian atau hate speech di medsos tersebut,” ujarnya seperti dilansir iNews, Minggu (19/05/19).

Eddy menjelaskan, selain mengunggah konten yang mengandung hasutan dan teror, pelaku juga telah melakukan penyebaran konten-konten hoaks. Salah satunya adalah tulisan yang berbunyi “Polri Siap Tembak di tempat perusuh NKRI”. (Her/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim