Tuban Waspada DBD

Tuban Waspada DBD

TerasJatim.com, Widang Tuban – 8 orang warga Desa Simorejo Kecamatan Widang Kabupaten Tuban terjangkit demam berdarah dengue (DBD). Sesuai ketentuan dinas kesehatan, peristiwa seperti ini sudah masuk kategori kejadian luar biasa (KLB). Pasalnya, batas ambang KLB minimum penderita DBD dalam satu desa adalah 5 orang.
Untuk itu pemerintah daerah  harus segera melakukan tindakan untuk mencegah penularan. Tindakan yang harus dilakukan adalah segera merawat penderita secara intensif, pengasapan (foging) dan pemberantasan jentik-jentik nyamuk aeges aegypti dengan abate.

“Sejak kemarin kakak saya sudah ngamar dirumah sakit akibat DBD. Ada 8 orang di desa saya yang sudah terjangkit db,” jelas Siti adik salah satu korban DBD.

Warga desa mengharapkan agar pemerintah dinas kesehatan untuk segera menangani masalah wabah demam berdarah ini agar tidak bertambah dan meluasnya korban yang terjangkit akibat nyamuk aedes aegypti.

Agar terhindar dari DBD, baiknya masyarakat menerapkan pola kebersihan 3M yakni menguras air yang kotor, menutup bak penampungan air dan menimbun barang-barang bekas yang berpotensi menjadi serang nyamuk dan jika perlu gunakan obat anti nyamuk. (Gie/TJ).

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim