Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tol Pandaan-Malang Diresmikan Pekan Depan

Tol Pandaan-Malang Diresmikan Pekan Depan

TerasJatim.com – Jalan tol Pandaan-Malang seksi I hingga seksi III sejauh 31 kilometer, rencananya akan segera diresmikan. Dengan dibukanya koridor ini, diharapkan dapat lebih meningkatkan arus barang dan jasa, terlebih jelang arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

“Pekan depan peresmian, kemungkinan Senin (13/05/19) peresmiannya sampai Singosari,” kata Menterian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, dalam keterangannya dikutip dari beberapa sumber, Jumat (10/05/19).

Perlu diketahui, jalan tol Pandaan-Malang semula diusulkan untuk diresmikan pada 12 April 2019 lalu. Konstruksi jalan tol di tiga seksi sejauh 31 kilometer sudah rampung dan siap dioperasikan. Sementara itu, dua seksi, yakni seksi IV dan seksi V sejauh 8 kilometer sempat terhambat karena ditemukan material benda cagar budaya.

Direktur Pengembangan Usaha PT Jasa Marga Tbk., Adrian Priohutomo mengatakan, dua seksi jalan tol Pandaan-Malang yang sempat terhenti sudah bisa dilanjutkan pembangunannya. “Itu geser 15 meter saja. Trase sudah dibuat, tapi belum rigid,” tuturnya.

PT Jasa Marga Tbk. melalui anak usaha PT Jasamarga Pandaan Malang memegang konsesi jalan tol Pandaan-Malang. Secara keseluruhan, investasi pembangunan jalan tol Pandaan – Malang mencapai Rp5,9 triliun dengan nilai konstruksi Rp3,7 triliun.

Jalan Tol ini diharapkan menjadi akses penting bagi untuk arus barang dan manusia antara Surabaya dan Malang. Saat ini, perjalanan dari Surabaya ke Malang bisa mencapai tiga sampai empat jam. Melalui jalan tol, waktu tempuh bisa dipersingkat menjadi satu jam.

Untuk kelancaran dan kenyamanan arus mudik, seluruh pekerjaan perbaikan dan pembangunan jalan baik tol maupun non tol, akan dihentikan pada H-10 Lebaran hingga H+10 Lebaran. (Jnr/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim