Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tingkat Kunjungan Wisatawan di Pacitan Turun, Ini Penyebabnya

Tingkat Kunjungan Wisatawan di Pacitan Turun, Ini Penyebabnya

TerasJatim.com, Pacitan – Kunjungan wisatawan ke objek wisata yang ada di Kabupaten Pacitan pada semester awal belum mencapai separuh dari target kunjungan di tahun 2019, yang mencapai 2,3 juta pengunjung.

Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Pacitan, terhitung mulai Januari-Juni 2019, kunjungan wisatawan tersebut baru sekitar 30,12% atau 692.652 pengunjung.

Sedangkan pendapatan, hingga 1 Juli 2019 baru di angka 32,76% atau Rp4,9 miliar. Tentu saja, pendapatan tersebut masih jauh dari target PAD di tahun 2019, yakni sebesar Rp15 miliar lebih.

“Seharusnya semester awal ini sudah mencapai 50% lebih,” kata Budi Hartoko, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata di Disparpora Pacitan, saat ditemui TerasJatim.com, Jumat (05/07/19).

Menurutnya, minimnya kunjungan wisatawan di berbagai objek wisata yang ada di Pacitan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Disebutnya, mulai waktu libur yang sempit, tahun politik hingga dampak dari wabah Hepatitis A.

“Selain waktu liburan kecil (pendek), kemudian di waktu liburan ini kena dampak dari wabah Hepatitis A dan faktor di tahun politik ini juga berpengaruh terhadap kunjungan,” sebutnya.

Meski demikian, pihaknya juga telah berupaya semaksimal mungkin untuk menggenjot kunjungan wisatawan, terutama dalam hal promosi dan berkoordinasi dengan instansi terkait serta bekerjasama pihak swasta yang bergerak di bidang industri pariwisata. Hal ini diharapkan agar target PAD di tahun 2019 bisa tercapai.

“Berbagai upaya sudah kita lakukan, Disparpora juga menggandeng berbagai pihak. Semoga saja target pendapatan dari sektor pariwisata ke depan bisa tercapai,” imbuhnya. (Git/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim