Tentara Bantu Pembangunan JIT di Kediri

Tentara Bantu Pembangunan JIT di Kediri

TerasJatim.com, Kediri – Kendati Jaringan Irigasi Tersier (JIT)  menjadi tanggung jawab Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kediri, bukan berarti jajaran TNI-AD di Kediri diam dan menutup mata.

Untuk membantu kemudahan para petani dalam hal jaringan pengairan di wilayah Kediri, Kodim Kediri beserta jajaran dibawahnya ikut turun dan terlibat  secara langsung.

JIT sepanjang 160 meter yang membentang di tengah areal pertanian Desa Pakis Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri, menjadi perhatian sepenuhnya.

“JIT yang ada di desa pakis ini, cukup strategis bila dilihat potensi areal pertanian yang ada. Lahan yang ada di desa pakis ini, mayoritas ditanami padi. Setidaknya produksi padi di sini turut menyumbangkan grafik statistik di Kediri” kata Danramil Kunjang Kapten Inf Sunarjo, saat mengawasi anggotanya yang sedang membantu pembangunan JIT.

“Kalau pembangunan JIT ini bisa lebih cepat dari jadwal semula, bisa jadi menguntungkan bagi petani. Apalagi saat ini sudah memasuki musim hujan, pasokan air bisa menjadi pendorong produktifitas padi di sini” ungkap Kapten Inf Sunarjo, Jumat  (20/11).

Jajaran anggota dan Babinsa Koramil Kunjang diturunkan secara bergantian untuk mempercepat pembangunan JIT ini. Di setiap hari selasa, kamis dan sabtu, 4 anggota Koramil Kunjang wajib membantu pembangunan JIT.

“Di desa pakis  ini, hasil produksi pertanian untuk sekali panen bisa mencapai sekitar 496 ton Gabah Kering Giling (GKG) dari lahan pertanian sekitar 62 hektar. Kalau pembangunan JIT ini bisa lebih cepat dari jadwal semula, setidaknya kebutuhan pasokan air bisa “jemput bola” dalam menghadapi musim hujan ini” jelas Sudirman, perwakilan dari Dinas Pertanian Kediri. (Delta Tujuh untuk TerasJatim.com)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim