Tekan Penyebaran Covid-19 di Kota Blitar, Operasi Yustisi Digencarkan

Tekan Penyebaran Covid-19 di Kota Blitar, Operasi Yustisi Digencarkan

TerasJatim.com, Blitar – Untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di Kota Blitar, aparat gabungan dari Polres Blitar Kota bersama Kodim 0808, Satpol PP dan Diskominfotik Kota Blitar, menggelar operasi yustisi penegakan protokol kesehatan (prokes), Sabtu (18/09/21).

Dalam operasi yang dimulai pukul 09.00 WIB itu, para petugas menelisik beberapa tempat, seperti Perpustakaan serta Makam Bungkarno, kegiatan vaksinasi di PT. Permodalan Nasional Madani (Persero), Terminal Patria, Pasar Legi, Pasar Hewan Dimoro, dan kegiatan swab massal pedagang PIPP Kota Blitar.

“Pagi ini kita melaksanakan kegiatan operasi yustisi gabungan TNI maupun dari Satpol PP serta dari Diskominfotik Kota Blitar dengan menyusuri di 6 titik Wilayah Kota Blitar,” kata Ipda Samsul Anwar, Perwira Pengendali (Padal) operasi.

Samsul mengatakan, sebanyak 14 pesonel gabungan TNI-Polri, Satpol PP dan Diskominfotik Kota Blitar dikerahkan dalam operasi yustisi ini.

Menurutnya, operasi ini digelar dalam rangka tindaklanjut dari Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor: 42 Tahun 2021 tentang PPKM Level IV, Level III, Dan Level II Penanganan Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali, SK Gubernur Jatim Nomor: 188/379/Kpts/13/2021, Instruksi Walikota Nomor: 17 Tahun 2021 dan Keputusan Bupati Blitar Nomor :188/242/409.06/Kpts/2021.

“Kami akan lakukan kegiatan imbauan-imbauan secara persuasif humanis pada masyarakat dan juga membagikan masker gratis,” tambah Samsul.

Meski mengedepankan langkah persusif humanis, tim gabungan tetap menindak tegas apabila ditemukan masyarakat yang tidak mematuhi protokol Kesehatan 6M yaitu, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan mengurangi makan-makan bersama.

“Apabila masih ada masyarakat yang tidak mematuhi protokol Kesehatan 6M, maka kami akan melakukan kegiatan penegakan aturan. Hari ini kita menemukan ada 24 warga yang melanggar prokes dan diantaranya sebanyak 21 orang kami berikan teguran secara lisan, 1 orang kami berikan tindak pidana ringan, dan 2 orang lainnya kamu berikan sanksi sosial. Serta kami juga membagikan masker kepada masyarakat sebanyak 40 buah,” tambahnya.

Samsul menambahkan, operasi yustisi ini akan dilakukan setiap hari, hingga angka Covid-19 di Blitar Kota bisa dikendalikan. (Bud/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim