Tanam Padi Serentak Untuk Swasembada Pangan

Tanam Padi Serentak Untuk Swasembada Pangan

TerasJatim.com, Kediri – Untuk mewujudkan program nasional Swasembada pangan, hari ini (13/12), Kasdim Kediri Mayor Arh Trijaka Ruhiyatna, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kediri Sentot Jamaludin didampingi jajaran Pemerintahan dan Kodim Kediri, bersama-sama menanam padi di atas lahan seluas 4,6 hektar, di Desa Pagung Kecamatan Semen Kabupaten Kediri Jawa Timur.

“Kalau petani sudah termotivasi, PPL Pertanian telah mendorong semaksimal mungkin, seharusnya juga diikuti secara melebar dan kesamping, seperti Bulog sebagai tulang punggung kebutuhan pangan, secepat mungkin jemput bola, tidak hanya duduk diam dan hanya melihat,” kata Kasdim Kediri Mayor Arh Trijaka Ruhiyatna, yang hari ini mewakili Dandim Kediri.

“Bukalah pintu dan jendela selebar mungkin kepada petani, jangan dipersulit atau dibuat bertele-tele, jangan diambil atau dirampas hak petani, sebab petani adalah tulang punggung kehidupan kita.” sambung Mayor Arh Trijaka Ruhiyatna.

Bila ditilik dari data BPS Pusat dan Kementerian Perdagangan, untuk konsumsi rumah tangga ditambah rumah makan sebesar 114 kg/tahun atau 312 gram per/hari. Kemudian diasumsikan pada jumlah penduduk di Kabupaten Kediri yang berdasarkan data BPS Kabupaten Kediri Tahun 2014, sebesar 1,5 juta jiwa (tepatnya 1.492.585 jiwa), maka dibutuhkan beras sekitar 170.000 ton/tahun (tepatnya 170.154.690 kg/tahun), guna mencukupinya.

“Peningkatan produksi padi secara matematis meningkat secara signifikan dibanding tahun 2014 lalu, tetapi peningkatan pertambahan penduduk juga menjadi salah satu permasalahan yang tidak dapat dihindarkan” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kediri Imam Widodo Santoso. (Delta Tujuh untuk TerasJatim.com)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim