Tampung Aspirasi Penambang Pasir di Arjosari, Istri Cabup Yudi Sumbogo Berbicara Solusi

Tampung Aspirasi Penambang Pasir di Arjosari, Istri Cabup Yudi Sumbogo Berbicara Solusi

TerasJatim.com, Pacitan – Musim penghujan, debit air di aliran sungai tentu meningkat dan deras. Hal ini, membuat sejumlah penambang pasir sedikit harus bekerja ekstra untuk mendapatkan pasir. Mengingat, peralatan yang digunakan tradisional atau manual.

Salah satunya hal itu dirasakan oleh para penambang pasir tradisional di aliran Sungai Anak Grindulu, tepatnya di Desa/Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

“Pasir ada, tapi sulit karena airnya deras, peralatannya banyak yang rusak dan ada juga yang terbawa banjir. Padahal permintaan saat ini juga banyak,” kata Yudi, salah satu penambang pasir di Arjosari, Jumat (20/11/20).

Di sela-sela melakukan kegiatan Jumat Berkah, Ninik Setyorini, istri Cabup Pacitan nomor urut 2, Yudi Sumbogo bersama sejumlah relawan mencoba menemui para penambang pasir. Selain menyapa, juga menanyakan terkait persoalan yang dihadapi saat ini. Bahkan, pihaknya juga berbicara terkait solusi di saat pasir sulit didapatkan.

“Ini juga harus ada alternatif lain pemasukan untuk menopang ekonomi keluarga, misalnya beternak, bertani dan lainnya. Insya Allah, jika Mbois diberi amanah, ke depan akan mengawal berbagai persoalan penambang ini,” ucap Ninik.

Selain membagikan sarapan, hand sanitizer dan masker kepada penambang pasir, perempuan yang memiliki gelar doktor tersebut berpesan kepada para pencari pasir untuk selalu menjaga kesehatan dan tetap menjalankan protokol kesehatan. Mengingat, pandemi Covid 19 hingga saat ini belum usai.

“Jaga kesehatan nggih Pak. Maskernya dipakai. Mugi sedaya pinaringan sehat (semoga semua diberi kesehatan),” pungkasnya, yang diamini oleh sejumlah orang yang ada di tempat tersebut. (Git/Kta/Red/TJ/Adv)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim