Siswa SMK Kabupaten Malang Maju ke LKS Nasional

Siswa SMK Kabupaten Malang Maju ke LKS Nasional
Guru pembimbing SMK 1 MUhammadiyah dengan siswanya yang lolos ke LKS Tingkat Nasional

TerasJatim.com, Malang – Ini bisa jadi kabar baik bagi dunia pendidikan di wilayah Kabupaten Malang yang patut diapresiasi.

Pasalnya siswa SMK 1 Muhammadiyah Kabupaten Malang, melaju dalam ajang  Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat Nasional 2016 mendatang. Lima siswa tersebut berhasil meraih tiket juara 1 di ajang LKS SMK se Jawa Timur yang digelar di Kota Malang 2-5 November lalu.

Dua peserta bidang lomba yang berhak mewakil provinsi Jatim pada ajang LKS SMK Nasional tersebut, berasal dari SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Mereka terdiri dari satu siswa bidang lomba Industrial Control dan dua siswa di bidang Mobile Robotik. Prestasi juara bidang lomba Industrial Control ini adalah juara langganan empat kali yang diraih oleh  SMK Muhammadiyah 1.

Dua siswa SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen yang berhasil meraih tiket LKS tingkat nasional, rencananya akan berlomba pada bulan  Juli 2016. Juara 1 bidang lomba Industrial Control dan juara 1 Mobile Robotik, masing-masing diraih M Yahya Assidiqi dan tim yang terdiri dari dua siswa, Irfan Ihya’ Ulumuddin dan Agung Darmawan. Para siswa ini berasal dari program keahlian Teknik Otomasi Industri.

Kepala program Teknik Otomasi Industri SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, Ifayanti ST, kepada TerasJatim.com mengungkapkan, bahwa untuk bidang lomba Industrial Control, selama empat tahun terakhir juara selalu diboyong siswanya. Dua siswa bahkan mampu mempertahankannya sebagai juara 1 LKS SMK Nasional pada tahun 2014, yang diraih Lodi Joyo Utomo, dan pada 2015 yang diraih Graha Louvit S.

“LKS tahun ini adalah yang keempat kali siswa SMK Muhammdiyah 1 Kepanjen ke tingkat nasional. Bahkan, informasi yang saya terima, selama gelaran LKS SMK Nasional beberapa tahun terakhir, perolehan nilai peserta di atas 8  itu hanya  dua siswa kami,”Ungkap Ifayanti bangga.

Kepala Sekolah dengan siswanya Tito Yulio Juara Fisika Terapan

Kepala Sekolah dengan siswanya Tito Yulio Juara Fisika Terapan

Tiket melaju LKS SMK tingkat nasional lainnya juga disabet siswa SMK Negeri 1 Turen, Tito Yulio. Setelah pada ajang LKS SMK Jatim lalu, siswa kelas XI TKJ ini meraih juara 1 bidang lomba Fisika Terapan.

Saat berbicara dengan TerasJatim.com, Tito Yulio mengatakan, keberhasilan menyabet juara satu karena dirinya yakin dan  percaya diri dengan kompetensi yang dimilikinya.

Menurutnya, saat lomba soal-soal teori sudah dikuasai dengan dibantu para gurunya. Meskipun dalam praktikum keduanya cukup mudah, sehingga ia nyaris bisa menguasai semuanya.

Pada saat mengikuti LKS SMK se Jatim, dirinya mampu mengungguli dari 19 peserta lain. Saat soal praktikum, ia harus membuat percobaan untuk mencari tegangan permukaan fluida.

Ketika ditanya soal persiapan LKS SMK nasional yang rencananya digelar pada pertengahan tahun depan, Tito mengaku belum melakukan persiapan sama sekali. Sebaliknya, ia mengatakan akan lebih memfokuskan pada pelajaran akademik yang sempat tertinggal. Apalagi, mulai awal Januari mendatang, ia akan menghadapi prakerin selama empat bulan.

“Harus pandai membagi waktu belajar nantinya, mas,” katanya.

Ia mengaku akan banyak menambah pengetahuan dengan mengambil dari  buku dalam memperkaya khazanah wawasan dan mencari materi dari internet.

Sedangkan Kasek SMKN 1 Turen Raden Didik Indratno, menambahkan, bahwa prestasi yang diraih siswanya merupakan perjuangan semua komponen SMKN 1 Turen dalam membawa nama baik Pemkab Malang sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Malang yang Madep Manteb.

“Kita mempersipakan cukup lama melalaui pelatihan demi lolosnya siswa kami, yah ini karya kami dan guru, siswa dan wali murid bagi warga Kabupaten Malang,” ujarnya. (Sla/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim