Sidak Stok Minyak Goreng, Komisi B DPRD Lamongan Blusukan ke Pasar

Sidak Stok Minyak Goreng, Komisi B DPRD Lamongan Blusukan ke Pasar

TerasJatim.com, Lamongan – Lamongan – Lantaran langka dan mahalnya harga minyak goreng di pasaran, Komisi B DPRD Kabupaten Lamongan menggelar inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah lapak pedagang Pasar Agrobis Babat, Selasa (01/02/2022).

Sekretaris Komisi B DPRD Lamongan Anshori menjelaskan, dalam sidak kali ini, pihaknya mengajak Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat.

“Menurut keterangan pedagang yang kita temui, mereka mengaku hanya mendapatkan pasokan minyak goreng seminggu sekali dan hanya 17-20 karton saja dan itu dalam waktu 1 jam sudah habis,” ujarnya.

Dia menyebut, dari data yang dia peroleh, harga minyak goreng saat ini Rp17.500/perkilo dan stocknya juga minim. Selain itu, harga gula juga masih diangka Rp.14.000/perkilo atau masih di atas harga Harga eceran tertinggi (HET) yakni Rp.12.500/perkilogramnya.

Terkait langkanya minyak goreng, Anshori menduga ada kemungkinan dikarenakan pasokan dari distributor masih kurang memadai untuk kebutuhan masyarakat Lamongan, atau kurangnya maksimal dalam pendistribusian. Selain itu, ia juga menduga ada oknum yang bermain di balik kelangkaan minyak goreng tersebut.

“Kami juga menduga adanya permainan atau penimbunan minyak goreng, karena kelangkaan ini yang menyebabkan harga minyak goreng melambung tinggi dan tidak sesuai dengan kebijakan satu harga yang telah ditetapkan pemerintah yakni Rp.14.000/kilonya,” imbuhnya.

Lebih lanjut, politisi dari Partai Gerindra ini mengaku, dalam waktu dekat, pihaknya akan memanggil beberapa pihak terkait untuk mencari jalan keluar terkait meroketnya harga dan minimnya pasokan minyak goreng di Lamongan.

“Dalam waktu dekat kita akan mengundang Bulog, dinas terkait, termasuk distributor minyak, gula dan bahan pokok lain, karena harganya mengalami kenaikan,” pungkasnya. (Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim