Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Selain Pantai Klayar, Sejumlah Objek Wisata di Pacitan Ini Diprediksi Akan Banjir Pengunjung Saat Libur Lebaran

Selain Pantai Klayar, Sejumlah Objek Wisata di Pacitan Ini Diprediksi Akan Banjir Pengunjung Saat Libur Lebaran
Sunset di Pantai Kasap doc: TerasJatim.com

TerasJatim.com, Pacitan – Dalam beberapa tahun terakhir terutama pada libur lebaran, Pantai Klayar yang terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan Jatim, memang mendominasi menjadi jujukan bagi wisatawan.

Namun, selain Klayar, ada beberapa destinasi wisata yang juga diprediksi akan dibanjiri pengunjung saat libur lebaran maupun libur sekolah nanti. Salah satunya di Pantai Watukarung di Kecamatan Pringkuku Pacitan.

Hal itu disampaikan Budi Hartoko, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Pacitan, bahwa kunjungan di Pantai Watukarung dalam beberapa tahun terakhir juga mengalami peningkatan.

“Ya Klayar masih mendominasi, tapi di bawah itu sekarang sudah bergeser pengunjungnya yaitu ke Watukarung dan mulai ramai,” ujarnya, saat ditemui TerasJatim.com di ruang kerjanya, Kamis (09/05/19).

Menurutnya, di Pantai Watukarung, selain pemandangan alam yang ditawarkan tidak kalah menarik dengan Pantai Klayar, juga terdapat beberapa objek wisata yang letaknya masih satu tempat, seperti Pantai Kasap, Sungai Cokel dan beberapa objek wisata lainnya. Bahkan, retribusinya atau tiket masuknya jadi satu, sehingga pengunjung pun bisa menikmati beberapa destinasi tersebut.

“Dan harga tiketnya juga belum ada kenaikan, masih sekitar Rp5.000. Jadi, satu kali bayar dapat beberapa spot wisata di Watukarung,” katanya.

Pantai Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan (doc: TerasJatim.com)

Selain itu, lanjutnya, kawasan Pantai Pancer Door yang terletak di Kelurahan Ploso Pacitan atau di sisi timur dari Pantai Telengria, juga diprediksi akan ramai pengunjung. Bahkan, saat ini di kawasan tersebut sudah ditata dengan baik, meski jumlah kunjungan tidak sebanyak dengan destinasi wisata yang lain di Pacitan.

“Mungkin yang akan jadi kuda hitamnya di Pancer, karena sekarang ini sudah mulai ditata, ya minimal nanti ada peningkatan kunjungan. Tapi, mungkin sedikit perlu berbenah, terutama untuk jalannya yang ada di ujung timur,” terangnya.

Budi Hartoko menambahkan, pada libur lebaran nanti, ia berharap kunjungan wisata di seluruh destinasi yang ada di Pacitan bisa mencapai 50% atau sekitar 1,1 juta pengunjung, dari target kunjungan sekitar 2,3 juta pengunjung di tahun 2019 ini.

“Minimal 50% itu harus dapat, itu keseluruhan kunjungan dari masing-masing objek wisata. Kalau pendapatan sendiri sampai awal Mei ini baru sekitar 14,63% dari target pendapatan sektor pariwisata sekitar Rp15 miliar dan masih jauh dari yang kita harapkan, sebelumnya mendekati pertengahan tahun 30%-40% sudah dapat,” imbuhnya. (Git/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim